Unik, Informatif , Inspiratif

Dinsos DKI Jaga Masjid Besar dari Para PMKS Selama Ramadhan

0

INSPIRADATA. Dinas Sosial DKI Jakarta memantau dan menjaga sejumlah masjid besar dari penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) selama bulan Ramadhan.

“Tempat peribadahan selama Ramadhan kami jaga karena rawan PMKS, seperti gelandangan dan pengemis memanfaatkan orang yang ingin bersedekah,” ujar Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos DKI Jakarta, Chaidir, Kamis (08/06/2017) lansir Antara.

Masjid besar yang dijaga dari PMKS, antara lain, Masjid Istiqlal, Cut Meutia, Al Azhar Kebayoran Baru, Masjid Agung Kemayoran, Masjid Sunda Kelapa dan Masjid Raya Jakarta.

Selain masjid, Dinas Sosial DKI Jakarta juga melakukan penyisiran di makam, pasar dan tempat umum lainnya.

Pihaknya telah melakukan pemetaan, saat ini PMKS sudah bergeser ke tempat keramaian warga, seperti tempat ibadah, pasar tradisional, mal dan tempat keramaian.

“Ada petugas pelayanan, pengawasan dan pengendalian sosial (P3S) mengerahkan 425 petugas di 276 titik rawan,” ucap Chaidir.

Pengawasan petugas diperlukan agar Jakarta lebih tertib, banyaknya pengemis di DKI juga dapat mengganggu kenyamanan warga DKI dalam menjalankan ibadah puasa. Selain itu, pemberian bantuan uang kepada pengemis tidak membantunya keluar dari kemiskinan.

Untuk itu, Chaidir mengimbau warga agar tidak memberikan uang kepada pengemis dan gelandangan, melainkan menyalurkannya ke lembaga sedekah resmi.

“Selama Ramadhan Dinas Sosial mengimbau warga jika ingin memberi sedekah jangan diberikan kepada pengemis dan gelandangan di tempat umum, itu melanggar Perda Nomor 8 Tahun 2007,” tutur Chaidir. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline