Unik, Informatif , Inspiratif

Dipenjara Selama 23 Tahun, Padahal Lelaki Ini Tak Bersalah

0 314

Setelah menghabiskan setengah hidupnya di penjara, Jin Zhehong berusia 50 tahun,akhirnya bersih dari tuduhan perkosaan dan pembunuhan.

Sebuah kasus pembunuhan 23 tahun dibuka kembali pada 24 Oktober tahun ini di Pengadilan Tinggi Provinsi Jilin, China setelah beberapa seruan diajukan.

BACA JUGA: Setelah Bebas, Apa Langkah Politik Ahok?

Jin Zhehong dijatuhi hukuman mati dengan penangguhan hukuman pada tahun 2000 setelah divonis bersalah atas perkosaan dan pembunuhan seorang wanita berusia 20 tahun pada tahun 1995.

Mayat korban yang membusuk ditemukan terkubur di dekat rel kereta api di Provinsi Jilin pada 29 September 1995. Jin ditangkap oleh polisi sebulan kemudian, dan dijatuhi hukuman mati dengan penangguhan hukuman dalam persidangan pertamanya pada tahun 1996. Jin mengajukan banding atas hukuman itu, mengklaim bahwa dia disiksa selama interogasinya.

Pada tahun 2014 salah satu media yang berpengaruh, The Paper mengangkat keraguan tentang kasus ini. Ketika laporan mereka dirilis, Pengadilan Tinggi Provinsi Jilin memposting di Weibo bahwa mereka akan membuka kembali kasus tersebut. Pada bulan Maret tahun ini, pengadilan mengatakan bahwa bukti terhadap Jin tidak cukup dan akan mengadili kembali kasus tersebut.

BACA JUGA:  Tertuduh Tendang Mobil, Kuda Ini Dipenjara

Pengacara pembela Jin, Xi Xiangdong, mengatakan tidak ada bukti material langsung atau saksi dalam kasus ini, dan bahwa keyakinan Jin didasarkan pada pengakuan lisannya. Pembela menunjuk hal inkonsistensi lain; misalnya, payudara korban tersiram air panas oleh puntung rokok, tetapi Jin bukan perokok. []

SUMBER: ASIAONE

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline