Unik, Informatif , Inspiratif

Diprotes Soal “Budek dan Buta,” Ma’ruf: Itu Salah Paham

0 15

Terkait pernyataannya soal budek dan buta dalam acara peresmian posko dan deklarasi relawan yang mengatasnamakan Barisan Nusantara (Barnus) di kawasan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11/18) lalu, KH Ma’ruf Amin akhirnya buka suara.

Kiai Ma’ruf mengatakan bahwa kata budek dan buta yang digunakannya bukan berkaitan dengan kondisi fisik.

“Itu kan salah paham. Yang saya maksud buta itu bukan buta mata, bukan budek telinga, tetapi buta hati. Matanya enggak buta, jadi enggak ada hubungannya dengan fisik, ya,” kata Kiai Ma’ruf, Selasa (13/11/18).

Hal ini disampaikan Kiai Ma’ruf berkaitan dengan tuntutan Forum Tunanetra Menggugat yang memprotes pernyataan Kiai Ma’ruf sebelumnya soal ‘budek dan buta’ .

“Jadi enggak ada kaitannya dengan buta fisik, budek fisik, enggak ada. Karena itu tidak relevan kalau dia menggugat saya, wong nggak ada urusannya fisik,” lanjut Ma’ruf.

Dikatakan pula oleh Kiai Ma’ruf bahwa dalam Al-Qur’an ada ungkapan sumun bukmun umyun yang lebih merujuk pada hati seseorang. Dia pun menanyakan apakah Forum Tunanetra Menggugat itu merasa dirugikan dengan kalam Alquran itu.

Menurut Forum Tunanetra Menggugat sendiri, penyebutan Kiai Ma’ruf kepada pihak yang kerap mengkritik kinerja Presiden Jokowi, dengan mengibaratkan orang ‘budek’ dan ‘buta’ telah mencederai perjuangan kaum disabilitas.

Selanjutnya, mereka juga menilai, sebagai ulama dan tokoh, seharusnya Kiai Ma’ruf menghindari orasi politik yang mendiskriminasi kaum disabilitas. []

 

SUMBER: JPNN | CNN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline