Unik, Informatif , Inspiratif

Ditutup 6 Tahun, Museum Nasional Suriah Kembali Buka

0

Museum Nasional Suriah di Damaskus setelah ditutup selama enam tahun akibat perang sipil yang berkecamuk.

Dilansir Sky News Minggu (28/10/2018), keputusan membuka kembali museum diambil setelah pasukan pemerintah memperoleh sejumlah kemenangan penting dari pemberontak.

BACA JUGA: Arkeolog Mesir Temukan Pabrik Tembikar 4,5 Ribu Tahun Lalu

Pembukaannya dihadiri pakar restorasi dan arkeolog asing, dan menuai pujian karena menjadi penanda mulai kembalinya kehidupan normal.

Menteri Kebudayaan Mohamed al-Ahmad berkata, pembukaan museum nasional memberi pesan bahwa Suriah masih ada, dan warisannya tidak akan dirusak oleh terorisme.

“Saya bisa mengatakan bahwa ini adalah kemenangan politik, budaya, maupun ekonomi bagi kami. Saat ini, Damaskus mulai pulih sepenuhnya,” kata Ahmad.

Mahmoud Hammoud yang bertanggung jawab atas museum dan barang antik menuturkan, empat dari lima seksi di museum sudah bisa dibuka.

Terdapat mural abad kedua Dura-Europos di timur Suriah, patung Dewi Nike, dewi kekuatan, kecepatan, dan kemenangan dalam mitologi Yunani.

Namun, Hammoud menambahkan dia masih membutuhkan tambahan dana untuk merenovasi museum. Termasuk menyelamatkan sejumlah artefak dan patung yang diselundupkan maupun hancur karena konflik.

Bartosz Markowski, pakar konservasi dan patung batu dari Polandia berujar, dia bekerja di kota kuno Palmyra saat perang sipil pecah.

BACA JUGA: Arkeolog Temukan Roda Kereta Firaun di Laut Merah

“Saya segera datang setelah sejumlah wilayah dibebaskan dan membantu konservasi darurat. Saya melihat masih banyak terlihat di Palmyra,” tutur Markowski.

Pendahulu Hammoud, Maamoun Abdul-Karim yang menjabat pada 2012-2017 menuturkan, dia langsung memutuskan menutup museum dan menyelamatkan koleksinya.

Abdul-Karim mengestimasi dibutuhkan beberapa tahun agar Suriah bisa membuka seluruh museum yang ada. “Saya berharap pembukaan ini merupakan awal bagus,” bebernya.

Dia menyuarakan harapan agar bisa mengembalikan sekitar 300.000 artefak yang dia sembunyikan kseluruh museum aslinya. []

SUMBER: SKY NEWS | KOMPAS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.