Diusia Berapa Anak Memiliki Memori?

0

Apakah anda ingat tentang masa kecil anda? Diusia menyusui seperti apa, ataukah ketika belajar merangkak?

Ada orang yang baru mengingat masa kecilnya saat berusia 2 tahun, ada pula yang baru mengingatnya di usia 5 tahun. Setiap orang punya ingatan masa kecil sendiri-sendiri.

Namun, yang sering jadi misteri adalah, sejak kapan seorang anak mulai mengingat masa kecilnya?

BACA JUGA: Meski Jorok, Ternyata Kebiasaan Balita Makan Upil Kering Ada Manfaatnya Loh!

Fenomena ketidakmampuan untuk mengingat masa kanak-kanak ini disebut dengan infantile amnesia. Disebutkan bahwa orang dewasa memang akan sulit mengingat pengalamannya sebelum usia tiga atau empat tahun.

Dalam sebuah studi baru yang dilakukan oleh tim Memorial University of Newfoundland di Canada, dan diterbitkan di jurnal Child Development, mendapati, infantile amnesia ini juga dialami oleh anak-anak.

Hilangnya kenangan masa kecil bukan berarti mereka bodoh, namun perkembangan otaknya memang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula.

Berikut fakta seputar ingatan masa kecil yang Anda alami:

1. Masalah penyampaian narasi

Kemampuan menyampaikan sebuah informasi kepada orang lain sangat penting untuk mengingat hal yang pernah terjadi sebelumnya.

Anak kecil cenderung mengingat masa-masa ketika ia mengalami hal yang berkesan. Seperti piknik keluarga, masuk sekolah pertama kali, perayaan ulang tahun, maupun ketika ada peristiwa traumatis yang menimpanya.

2. Memulai ingatan di usia yang berbeda-beda

Para ahli masih memperdebatkan mengapa kebanyakan orang tidak memiliki ingatan masa kecil di usia yang sama. Kebanyakan sepakat bahwa ingatan tersebut baru bisa diingat ketika menginjak usia 3-5 tahun.

3. Usia menentukan penyerapan informasi anak

Pada anak usia 5-7 tahun, memori yang bisa diingatnya adalah sebanyak 63-72%. Sedangkan, pada usia 8-9 tahun, daya serap ingatannya menurun drastis hingga 35-36%.

4. Jenis ingatan yang berbeda

Profesor psikologi mental Steven Reznick menyatakan, pada saat bayi baru dilahirkan sampai usia 6 bulan, ia akan memiliki ingatan untuk mengenali wajah dan suara. Sedangkan, ingatan untuk hal detail lainnya dimulai saat anak menginjak usia 2 tahun.

5. Ingatan masa kecil yang direka ulang

Alasdar Wilkins menulis di the Atlantic bahwa ayahnya mengoreksi ingatan pertama masa kecilnya. Saat itu, ia ingat bahwa adiknya lahir di rumah sakit pada malam hari. Saat itu, di televisi sedang ada tayangan kartun Thomas.

BACA JUGA: Awas, Ini Bahayanya Jika Balita Sering Begadang

Saat ia mencoba mengkonfirmasi ingatannya, sang ayah membantah hal tersebut. Karena kartun Thomas belum ada dan adiknya pun baru lahir saat sore hari.

Karena itulah, ia berpikir bahwa ingatan masa kecil yang ada di pikirannya bisa jadi memang berbeda detail dengan yang sebenarnya terjadi. Namun, tidak bisa dikatakan bahwa semua memori yang ada hilang sama sekali.

Intinya, apa yang tidak mampu diingat oleh anak, akan tetap masuk ke alam bawah sadarnya sehingga memengaruhi perilakunya. []

SUMBER: THE ASIAN PARENTS

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline