nutrisi jengkol
Foto: Detik

Dokter Gizi: Begini Cara Memasak Jengkol Agar Tak Hilang Nutrisinya

Seperti kita tahu, bau khas jengkol memang menggoda bagi sebagian orang. Meski bau, jengkol ditengarai mempunyai banyak nutrisi, di antaranya protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Ketika jengkol diolah menjadi makanan, apakah nilai gizinya akan berkurang?

Dikatakan spesialis gizi klinik dari Departemen Ilmu Gizi FKUI, dr Anna Maurina SpGK atau yang akrab disapa dr Anna, secara umum, seluruh proses pemasakan akan menurunkan kadar atau kualitas zat gizi. Hal itu tergantung dari tipe pengolahan atau pemasakannya.

Pada jengkol, lanjut dr Anna, belum ada penelitian mengenai masing-masing tipe proses pemasakan dapat menurunkan berapa persen kandungan masing-masing zat gizi. Namun, yang baik adalah asupan zat gizi pada jengkol yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan zat gizi seseorang dalam sehari.

Ditambahkan dr Anna, Indonesia memang punya jenis bahan makanan yang bervariasi. Tak jadi masalah apabila cara pemasakannya pun beragam. Karena pemenuhan zat gizi bisa dipenuhi dari sumber makanan yang lain.

“Kita nggak bisa terlalu bergantung pada satu jenis makanan saja. Jadi kalau menurut saya selama ini, dilakukan cara pemasakan yang beragam pun tidak masalah. Karena pemenuhan zat gizi, baik makronutrien maupun mikronutrien itu bisa dilakukan dari yang lainnya,” pungkas dr Anna sebagaimana dilansir. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *