Dokter Temukan Batu Sebesar Telur Burung Unta di Kandung Kemih Pria Ini

Tim dokter di sebuah rumah sakit di Los Angeles, Amerika Serikat terkejut saat menemukan dan mengeluarkan batu hampir sebesar telur burung unta di saluran kemih seorang pasien pria.

Pasien berusia 64 tahun itu dirawat setelah mengeluh sakit perut dan sulit buang air kecil. Dilaporkan Hmetro.com, CT scan mendeteksi adanya benda besar di dalam perut yang menyebabkan saluran kencingnya tersumbat.

Setelah dioperasi, dokter berhasil mengeluarkan batu empedu seberat 770 gram dari perut pasien.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh New England Medical Journal, dokter menjelaskan lebih dari 10 tahun yang lalu, pasien itu menjalani operasi kanker kandung kemih.

Saat itu dokter terpaksa membuang kandung kemih pria itu dan menciptakan saluran baru dari usus pasien agar bisa kencing. Namun ternyata prosedur itu justru meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Kini, setelah batu empedu raksasa dikeluarkan dari tubuhnya, pasien itu tidak memiliki masalah. Dia juga selalu dipantau oleh dokter.

Namun, meski batu ginjal yang keluar dari tubuh pria itu berukuran besar. Tapi itu bukan batu empedu yang terbesar yang pernah tercatat.

Menurut Guinness World Records, batu empedu terbesar di dunia dikeluarkan dari perut seorang pria Brasil bernama Jose de Castro da Silva pada tahun 2003.

Batu empedu yang dikeluarkan dari tubuh pria 62 tahun itu beratnya mencapai 1,9 kilogram. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *