Unik, Informatif , Inspiratif

Dokumen Resmi dan Rahasia Militer Israel Bocor secara Online

0

Dokumen resmi dan rahasia tentang dua sistem militer Israel telah bocor ke publik secara online.

Kebocoran dokumen milik Pasukan Pertahanan Israel (IDF) itu gambarkan sebagai “kesalahan keamanan informasi serius”. Dokumen tersebut mengungkapkan informasi rahasia mengenai kemampuan dan metode operasional IDF.

Seperti dilansir Middle East Monitor, (07/03/2018), dokumen yang bocor itu ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman.

Surat kabar Israel, Hareetz mengatakan meski isi dari dokumen itu dapat dilihat bebas masyarakat di Internet, namun media telah dilarang menulisnya karena akan dianggap sebagai pelanggaran peraturan sensor militer.

Bahkan satu dari dua dokumen yang bocor itu digolongkan sangat rahasia sehingga dilarang bagi mereka yang mengetahuinya untuk menyebutnya melalui percakapan telepon.

Kedua dokumen itu sempat diakses publik selama beberapa waktu sebelum akhirnya berhasil dihapus. Beruntung isi dokumen itu tidak sempat dipublikasikan sebelum disadari pihak berwenang.

Undang-undang Israel mengarahkan media untuk menyerahkan ke kantor Sensor Militer semua publikasi yang berkaitan dengan isu-isu keamanan nasional.

Menurut protokol tersebut, Kementerian Pertahanan harus menghubungi Departemen Keamanan Informasi IDF untuk mendapatkan persetujuan saat merilis file dokumen rahasia. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline