Foto: Kcur

Dosen di Amerika Gelar Kuliah Umum Islamofobia

Foto: Kcur

Moben Mirza, asisten profesor urologi di University of Kansas Medical Center, mengadakan kuliah umum tentang phobia Islam atau Islamofobia di Emporia State University, Kansas, Amerika Serikat. Mirza mengira telah terjadi kesalahpahaman antara barat dan Muslim selama ini. Ia berharap kuliah umum ini dapat memperbaiki pemahaman tentang Islam menjadi lebih baik.

“Topik ini penting bagi saya, karena saya Muslim. Saya tidak ingin orang-orang melihat saya sebagai seseorang yang harus ditakuti. Saya ingin orang melihat saya, mencintai saya, dan menghormati iman saya. Saya pikir ini merupakan topik penting untuk membahas mengapa ada ketakutan atau kebencian terhadap Islam,” ujar Mirza seperti dilansir emporiagazette.com, Senin (10/4/2017).

Kuliah umum Mirza menjelaskan secara rinci tentang sejarah Islam serta dampak Islamofobia bagi umat Islam dan nilai-nilai Amerika. Presentasinya berjudul ‘The UnAmerican Fear of Islam’. Menurutnya, Muslim mendukung nilai-nilai Amerika dan negara harus tahu itu.

“Bahwa kita sebagai populasi Muslim dan Muslim Amerika sangat mirip dengan populasi umum Amerika Serikat,” katanya. Keluarga Mirza berasal dari Pakistan dan pindah ke California, di mana ia dibesarkan.

Mirza menjelaskan, sangat penting bagi umat Islam untuk berbagi banyak nilai kepada warga Amerika. Salah satunya, nilai-nilai Islam. Dengan demikian, warga Amerika mengetahui kerangka iman Islam yang lebih konseptual dan lebih luas. Menurutnya, jika semua pihak melihat lebih jauh, maka yang akan ditemukan adalah banyaknya kesamaan, bukan perbedaan.

Ia menambahkan, saat ini, terjadi kesalahpahaman antara barat dan Muslim. Untuk itu, penting bagi semua pihak untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Sehingga semua warga dapat saling berinterkasi dengan baik.

“Tanpa memandang agama, negara asal dan hal lainnya. Ini dikarenakan, kehidupan sosial sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat,” katanya. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *