Unik, Informatif , Inspiratif

Doyan Touring Pakai Motor? 6 Komponen Ini Wajib Diperhatikan

0

MELAKUKAN perjalanan jauh atau touring dengan sepeda motor memang menyenangkan, apalagi bagi Anda yang tergabung dalam komunitas atau klub motor. Tapi ingat bagi Anda pemilik motor yang doyan touring atau menempuh perjalanan jauh, harus rajin memeriksa kondisi sepeda motornya.

Memeriksa kondisi sepeda motor kesayangan amat penting agar tunggangan Anda selalu prima dan tangguh untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA: 4 Hal Ini Wajib Diperhatikan Pemilik Motor saat Musim Hujan

Dilansir dari Corsa Tire, ada enam komponen motor yang harus diperhatikan setelah selesai berpergian jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor, di antaranya:

1. Oli mesin

Setelah menempuh jarak panjang, sebaiknya pemilik motor segera mengganti oli mesin motor. Umumnya oli diganti setelah menempuh jarak 1.500-2.000 km. Namun walau hanya menempuh jarak ratusan kilo, oli dapat menjadi encer lebih cepat karena oli mesin bekerja terus menerus untuk melumasi mesin.

Karena itu dianjurkkan untuk langsung mengganti oli mesin setelah menempuh perjalanan jarak jauh, tujuannya tak lain agar kondisi mesin tetap prima dan mencegah kerusakan mesin.

2. Ban dan velg

Periksa kondisi ketebalan dan alur ban setelah menempuh jarak panjang. Karena pada umumnya umur pemakaian ban hanya bertahan ± 10.000 km. Jika kondisi tapak ban sudah menipis segera ganti dengan ban baru.

Daya cengkram ban motor yang tipis sudah sangat berkurang, sehingga memengaruhi handling berkendara.

3. Rem

Periksa kondisi rem depan dan belakang, karena komponen keselamatan berkendara itu bekerja maksimal selama motor digunakan dalam perjalanan jarak jauh.

Rem akan cepat habis jika keadaan jalan berhenti kemudian jalan secara terus-terusan di jalur yang macet. Selain kondisi rem, juga harus memeriksa tromol dan piringan cakram.

4. Rantai dan V-belt

Kekencangan dan keausan rantai motor juga harus diperhatikan setelah motor digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Setelah dipakai jarak jauh, rantai motor bisa mengendur dan aus. Kalau dibiarkan bisa putus. Sedangkan pengguna motor matic harus memeriksa V-belt (tali kipas dalam CVT) dan kondisi roller yang ada di dalamnya.

BACA JUGA: Hati-Hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Motor Matik Anda Cepat Rusak

5. Karburator

Walaupun motor tetap terasa nyaman digunakan, tidak ada salahnya jika kamu melakukan memeriksa kinerja karburator atau injector motor. Biasanya setelah dipakai jarak jauh, settingan karburator berubah. Kalau dibiarkan akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

6. Suspensi

Jangan lupa mengecek kondisi suspensi sepeda motor yang bisa saja rusak, jika sepeda motor melintasi jalan yang bergelombang dengan muatan yang berat. Per-per pada motor juga bisa rusak apabila ada pasir yang menempel di tabung suspensi sehingga merusak seal dan membuat oli shockbreaker bocor. []

SUMBER: 100KPJ

 

 

 


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.