DPR Kanada Tuduh Myanmar Lakukan Genosida kepada Etnis Rohingya

0

House of Commons (DPR) Kanada menuding tindakan militer Myanmar telah melakukan genosida terhadap etnis Rohingya. Pernyataan anggota parlemen Kanada ini dengan suara bulat. 

Parlemen Kanada mendukung temuan tim pencarian fakta PBB di Myanmar bahwa telah terjadi kejahatan kemanusiaan terhadap Rohingya. Disebutkan bahwa tindakan itu di bawah persetujuan komandan militer Myanmar, seperti dikutip dari The Guardian, Jumat (21/9/2018).

Anggota parlemen Kanada mengakui adanya kejahatan genosida terhadap etnis Rohingya. Mereka pun mendesak dewan keamanan PBB untuk membawa kasus ini ke pengadilan pidana internasional. Selain itu, mereka juga menyerukan jenderal-jenderal Myanmar diselidiki dan dituntut atas kejahatan genosida ini.

BACA JUGA: Akhirnya, PBB Bisa Beroperasi di Rakhine Myanmar

“Saya ingin menggarisbawahi betapa tragisnya, betapa mengerikannya kejahatan terhadap Rohingya,” kata Anggota DPR (MP) Chrystia Freeland yang juga menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Kanada.

“Kami memimpin upaya internasional untuk mencari keadilan dan akuntabilitas untuk Rohingya.”

“Suara bulat yang dikumpulkan pada hari ini adalah langkah yang sangat penting dalam upaya tersebut.”

Beberapa bulan lalu diberitakan bahwa tentara Myanmar telah mendorong lebih dari 700.000 muslim Rohingya keluar dari Negara Bagian Rakhine di Myanmar. Warga yang terkena dampak pun terpaksa mengungsi ke negara tetangga Bangladesh. Mereka tinggal di kamp-kamp pengungsi.

BACA JUGA: Facebook Blokir Akun Panglima Militer Myanmar

Banyak yang telah memberikan laporan pembunuhan di luar proses hukum, kekerasan seksual dan pembakaran.

Bangladesh dan Myanmar menandatangani perjanjian pada 2017 untuk memulangkan Rohingya dari kamp pengungsian di Bangladesh, tetapi, proses itu terhenti ketika Rohingya takut kembali ke Rakhine tanpa adanya kepastian keamanan dan penjaminan hak-hak. []

SUMBER: LIPUTAN6

Kamu Sedang Offline