Unik, Informatif , Inspiratif

Drogba, Pahlawan Tim dan Negara Pantai Gading

0 8

Prestasi tertinggi Drogba sebagai pemain sepak bola pernah diraih bersama Chelsea, London Inggris.

Drogba membawa Chelsea meraih Liga Champions pertama pada musim 2012 setelah mengalahkan Bayern Muenchen melalui adu penalti (1-1, pen. 4-3).

BACA JUGA: Aksi Heroik Striker Selamatkan Nyawa Kiper Lawan

Mencetak gol penyama serta sebagai penendang gol pamungkas dalam adu tos-tosan membuat Drogba juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik dalam pertandingan tersebut.

Hanya beberapa bulan setelah pesta juara di Munich itu, Drogba tampil di Liga China dan menghabiskan setengah tahun bersama Shanghai Shenhua.

Pada 2013, pemain itu pindah ke Galatasaray sebelum kembali ke Stamford Bridge pada musim panas 2014. Kemudian menutup musim terakhirnya di Stamford Bride dengan gelar keempat Liga Inggris dan menjadi top skor keempat bagi klub sepanjang masa.

Pahlawan perdamaian nasional

Di level tim nasional, Droga memimpin Pantai Gading dalam tiga edisi Piala Dunia.

Meski tidak mempersembahkan gelar bagi Pantai Ganding, Drogba bakal dikenang karena perannya dalam membawa perdamaian di tengah perang sipil di negaranya.

BACA JUGA: Di Afrika Kini Ada Teknologi untuk Cegah Kematian Bayi Baru Lahir

Setelah memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2006, Drogba memimpin rekan satu timnya memohon gencatan senjata antara pemerintah Pantai Gading dengan pemberontak.

Dalam waktu satu minggu, kedua belah pihak yang bertikai itu memutuskan gencatan senjata yang dilanjutkan dengan kesepakatan perdamaian pada 2007. []

 

SUMBER: BBC | BOLA SPORT

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline