Unik, Informatif , Inspiratif

Dua Hafidz Cilik Indonesia Bikin Masyarakat Rusia Nangis di MTQ Moskow

0

Dua Hafidz cilik asal Indonesia tampil pada puncak acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional Moskow ke-19 (19th Moscow International Quran Reciting Competition), Ahad, (21/10/2018). Yakni, Muhammad Ghozali Akbar (10) dan Kamil Ramadhan (11).

Seperti dikutip dari Antara, santri dari yayasan wakaf Pesantren Yatim Tahfidz Alquran De Muttaqin ini tampil melantunkan ayat 1 – 40 surat Ar-Rahman.

BACA JUGA: Ingin Jadi Hafiz seperti Dr. Aidh al-Qarni? Ini Rahasianya

Menurut Ketua Yayasan, Ike Muttaqin, banyak peserta yang hadir terharu, bahkan menitikkan air mata saat mendengar lantunan suara dari kedua hafidz cilik ini. Terlebih, sebelum tampil, ditayangkan dulu sejarah singkat kehidupan keduanya.

“Kami ingin memberikan cinta kasih kami melalui lantunan ayat-ayat suci Alquran,” kata Ike Muttaqin saat mendampingi Ahmad dan Kamil, di Moskow. Di ajang ini, keduanya ikut pada kategori hafidz (hafalan).

Yatim dan pengemis

Diinformasikan, Ahmad adalah seorang anak yatim. Dia mulai belajar membaca Alquran sejak usia 8 tahun. Dalam waktu 8,5 bulan, dia berhasil menghafal 30 juz Alquran. Kamil juga anak yatim, bahkan sempat menjadi pengemis. Dia mulai menghafal Alquran sejak usia 8 tahun dan berhasil hafal 30 juz dalam waktu 6,5 bulan.

Muttaqin mengatakan, Ahmad pernah menjadi juara pertama, sedang Kamil juara ketiga pada lomba Hafiz Indonesia tahun 2017. Pada lomba Hafiz Internasional 2018 di Jeddah, Ahmad memperoleh juara ketiga dan Kamil menempati posisi keenam.

“Saya berharap kiprah Ahmad dan Kamil dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada orang lain untuk lebih mencintai Al-Quran dengan banyak membaca, menghafal dan mengamalkannya,” tukas Muttaqin.

Tidak kurang enam ribu orang hadir pada MTQ Internasional Moskow 2018. Mereka umumnya merupakan masyarakat muslim Rusia di Moskow dan sekitarnya. Kehadiran mereka memenuhi Gedung City Hall. Tampak hadir juga undangan dari berbagai kalangan termasuk perwakilan diplomatik.

“Ahmad dan Kamil hadir dari Indonesia sebagai tamu undangan khusus Dewan Mufti Rusia,” ujar Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow Enjay Diana.

MTQ Internasional Moskow ke-19 yang diselenggarakan Dewan Mufti Rusia ini berlangsung pada 18-21 Oktober. Ajang ini diikuti 33 peserta dari 33 negara, antara lain: Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Rusia, Bosnia Herzegovina, Serbia, Turki, Mesir, Yordania, Irak, Iran, Qatar, Saudi Arabia, Kuwait, Uni Emirat Arab, Palestina, Suriah, Tunisia, Yaman, Tanzania, Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Uzbekistan.

BACA JUGA: Ini Suara Lantunan Al-Quran Hafiza Asal Inggris

Babak kualifikasi dilangsungkan di Masjid Agung Moskow. Indonesia diwakili oleh Muhamad Adbul Faqih dari Jawa Tengah. Pada lomba kali ini, juara pertama diraih oleh Al-Awsagi Abdulhakim dari Yaman, disusul Muhammad Abdulkadir dari Tunisia (kedua), dan Waleed Al Marzouqi dari Uni Emirat Arab (ketiga).

Salah satu dewan juri MTQ ini adalah KH Said Aqil Husin Al Munawar. Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi yang hadir pada acara puncak MTQ ini mengapresiasi keikutsertaan Tim Indonesia. []

SUMBER: ANTARA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.