Unik, Informatif , Inspiratif

Dua Jenis Kekafiran (2-Habis)

0

Iman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya merupakan landasan pokok keimanan dalam islam. Bila seseorang mengatakan dirinya beriman kepada Allah SWT dan tidak beriman kepada Nabi Muhammad SAW, dia telah kafir; karena keimanan kepada Allah tidak bisa dipisahkan dengan iman kepada rasul-rasul-Nya.

BACA JUGA: Hukum Mahar Pernikahan dalam Islam

Termasuk golongan ini pula, orang-orang yang menganggap ada nabi lain setelah nabi setelah Nabi Muhammad SAW, dan mereka percaya kepada “nabi” itu. Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir dan penutup para nabi dan rasul. Tidak ada lagi nabi lain setelahnya.

“Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kalian, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup para nabi,”(QS. Al-Ahzab: 40).

Jenis kekafiran kedua adalah kafir murtad. Seseorang disebut murtad karena melakukan salah satu atau beberapa perkara yang dapat membatalkan keimanan.

Di antaranya: menghina atau mempermainkan Allah, rasul-Nya, dan agama-Nya; secara sengaja dan penuh kesadaran tidak mau melaksanakan perintah dan tidak menjauhi larangan-Nya.

Mengenai golongan ini, Allah SWT berfirman,

“Dan jika kamu tanyakan kepada mereka, niscaya mereka akan menjawab, ‘Sesungguhnya kami hanya bersenda gurau dan bermain-main saja.’ Katakanlah, ‘Mengapa kepada Allah, dan ayat-ayat-Nya serta Rasul-Nya kalian selalu berolok-olok?’ Tidak perlu kalian meminta maaf, karena kalian telah kafir setelah beriman. Jika Kami memaafkan sebagian dari kalian (karena telah taubat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) karena sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang (selalu) berbuat dosa,”(QS. At-Taubah: 65-66).

BACA JUGA: Menggunakan Nikmat Allah dengan Baik

Kedua jenis kekafiran ini sama-sama mendapatkan neraka sebagai tempat kembali mereka di akhirat. Mereka akan kekal di dalamnya dan tidak akan diringankan siksa atas mereka walau sedikit pun. Nauudzubillah. []

Sumber: Kerajaan Al-Qur’an/Hudzaifah Ismail/Penerbit: Penerbit Almahira/2012


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline