foto: merdeka

Dua Puluhan Jam Puasa, Ini Suka Duka Muslim yang Tinggal di Islandia

INSPIRADATA. Islandia menjadi salah satu negara dengan waktu puasa terlama, di negara ini matahari hanya terbenam sekitar tiga jam saja, dan sisanya 23 jam untuk berpuasa.

Muslim di negara ini, mengalami jeda sahur dan maghrib yang panjang sekali: mulai puasa pukul 2.00 dan baru bisa berbuka pada tengah malam.

Dengan adanya seperti itu, tidak menutup suka cita Muslim di sana untuk menyambut dan beribadah puasa.

Menurut Imam Masjid di Islandia Ahmad Saddeeq, meski jeda berbuka dan kembali berpuasa cukup singkat, bulan Ramadan tetap dirasa menyenangkan.

“Kami biasanya berkumpul di masjid, salat maghrib berjamaah, lalu buka puasa bersama,” cerita Ahmad Saddeeq.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan salat isya, tarawih, dan sahur bersama di masjid, sebelum kemudian kembali ke rumah masing-masing.

“Kami tak punya banyak waktu lagi untuk pulang dan makan di rumah, lalu kembali lagi ke masjid,” lanjut Ahmad Saddeeq.

Namun, salah satu Muslim di sana menceritakan pengalamannya berpuasa pada 2014 lalu, puasa di atas 20 jam dirasanya sulit.

“Bagi kami warga Islandia, sulit sekali untuk membiasakan diri bisa berpuasa, sebab di musim panas, matahari rasanya tak akan terbenam,” tutur warga tersebut.

Bagaimana tidak, di musim tersebut, matahari di langit Islandia hanya terbenam selama tiga jam, sebelum kembali menyinari negara tersebut.

Matahari juga sebenarnya tidak benar-benar terbenam, hanya tenggelam tak sepenuhnya di ufuk timur hingga cahayanya meredup, lalu terbit lagi. Muslim memang menjadi umat minoritas di Islandia, di mana terhitung hanya ada 0,3 persen muslim.

Negara-negara di Eropa menjadi tempat berperiode puasa terlama di dunia untuk tahun ini dan rekor terlama dipegang oleh Islandia dan Greenland.

Sedangkan, periode puasa tersingkat dialami muslim di negara-negara belahan bumi bagian bawah, seperti Australia dan Argentina, di mana muslim berpuasa hanya sekitar 11 jam. []

Sumber: Gulfnews


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *