duduk
duduk (foto: mode)

Duduk Sambil Goyang-goyang Kaki, Ternyata Berdampak Positif

duduk
duduk (foto: mode)

INSPIRADATA. Pakar kesehatan dari University of Missouri School of Medicine ternyata menyebutkan bahwa ada kebiasaan duduk yang justru bisa mencegah beberapa masalah kesehatan. Kebiasaan tersebut adalah duduk dengan menggoyang-goyangkan kaki.

Menurut penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul American Journal of Physiology’s Heart and Circulatory Psysiology ini, diketahui bahwa duduk dengan menggoyangkan kaki ternyata bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

Kebiasaan ini juga mampu membuat pembuluh darah arteri pada kaki menjadi lebih sehat. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika pembuluh darah yang sehat bisa menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular dengan signifikan.

BACA JUGA
Ini Bahayanya Duduk Terlalu Lama
Hobi Duduk Bersilang? Sebaiknya Segera Hentikan

Salah satu penyakit yang bisa dicegah karena kebiasaan menggoyangkan kaki saat duduk adalah penyakit arteri perifer. Penyakit ini disebabkan oleh menumpuknya plak pada pembuluh darah arteri akibat dari tidak lancarnya peredaran darah.

Penyakit ini membuat pembuluh darah semakin sempit sehingga darah pun sulit mengalir ke berbagai bagian bawah tubuh, khususnya dari pangkal paha hingga ujung kaki.

Dengan menggoyangkan kaki saat duduk, maka kita akan membuat otot bergerak sehingga peredaran darah pun lebih lancar. Memang, efek memperlancar peredaran darah ini tidak sebesar saat kita menyempatkan diri untuk berdiri atau berjalan kaki. Namun, hal ini ternyata sudah cukup untuk membuat pembuluh darah arteri menjadi lebih sehat.

Sumber: doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *