Buku pelajaran untuk SD kelas 2 mengandung edukasi seks
Buku pelajaran untuk SD kelas 2 mengandung edukasi seks

Duh! Buku untuk Kelas 2 SD Berisi Pendidikan Seksual?

INSPIRADATA. Baru-baru ini pendidikan di China tengah dihebohkan dengan beredarnya buku pelajaran untuk kelas 2 Sekolah Dasar atau SD. Yang menjadi kontroversi adalah isi dari buku tersebut yang menjelaskan tentang pendidikan seksual.

Dilansir dari Brilio, ternyata keberadaan buku tersebut tengah diuji coba di beberapa sekolah di Beijing, dengan tujuan agar anak mulai usia 7 tahun bisa memahami norma gender, hubungan sesama jenis, fantasi seksual, hingga pencegahan AIDS dan HIV.

Dan hal yang lebih parahnya lagi, dalam buku tersebut, terdapat ilustrasi dan gambar grafik yang mewakili tulisan termasuk gambar kegiatan seks, dan juga proses pembuahan pada manusia.

Beredarnya buku yang sudah menyebar di 18 sekolah di Beijing ini pun, dirasa cukup meresahkan para orang tua wali murid. Beberapa di antaranya mengungkapkan bahwa buku ini sama dengan buku pornografi.

“Apalagi dengan gambar orang telanjang dan image NSFW (Not Safe For Work), yang malah akan membuat anak-anak kecil ini penasaran dan ingin mencoba,” ungkap salah satu orang tua wali.

Di salah satu halaman buku juga, mengajarkan bagaimana anak untuk mengenali adanya kekerasan seksual pada anak. Serta mengajarkan adanya hak-hak seksual bagi heteroseksual dan juga homoseksual.

Selain kontroversialnya buku edukasi seksual di China ini membuat banyak netizen pro dan kontra.

“Aku rasa usia 7 tahun itu masih terlalu muda untuk mempelajari pendidikan seksual. Mungkin usia 10-11 tahun baru tepat ketika mereka sudah sedikit dewasa, di mana mereka bisa lebih memahami pengetahuan semacam itu,” ungkap salah satu netizen bernama Rosie Park.

Namun, berbeda dengan netizen bernama weibo, hwangsarah yang justru pro dengan beredarnya buku tersebut.

“Nggak ada kata terlalu muda untuk mengajarkan tentang pendidikan seksual, lebih baik mereka mengerti dari guru dan orang tua daripada mereka membaca atau melihatnya sendiri dari internet,” weibo, hwangsarah.

Dengan adanya edukasi seksual ini diperkirakan akan memenuhi 44% kurikulum pendidikan di China dan menjadi tindakan preventif dari pemerintah. Mengingat adanya kekerasan dan pelecehan seksual pada anak di China yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *