Berhenti merokok
Foto: Facebook

Dulu Merokok 30 Batang Tiap Hari, Pria Ini Sukses Berhenti, Ini Kisahnya

Berhenti merokok bukan hal yang mudah. Namun, jika memiliki niat yang kuat, semua bisa dilakukan. Seperti yang dialami seorang pria bernama Carlos Phang ini.

Dilansir dari tribunnews.com, biasanya, setiap hari Carlos merokok sekitar 30 batang. Ia melakukan kebiasaan ini selama 10 tahun. Suatu ketika Carlos menyadari bahwa dia harus memutuskan berhenti merokok.

Carlos mengatakan, banyak perokok yang mengaku tak dapat berhenti merokok karena bermacam alasan, seperti stres, ketagihan, bosan, atau karena memang tak punya rencana untuk berhenti.

Secara tersirat, Carlos mengatakan, seseorang tak bisa berhenti merokok jika tak ada usaha. “Untuk dirimu sendiri, untuk keluarga dan orang tercinta, berhentilah merokok secepatnya.” Carlos juga meminta para perokok untuk mengingat saat mereka pertama kali merokok. “Kamu batuk hingga mengeluarkan air mata.

Jika kamu bisa bertahan untuk melakukan kebiasaan buruk tersebut, seharusnya kamu bisa mengubah kemauan itu untuk berhenti,” tulisnya. Pria tersebut mengaku pada 3 hari pertama saat berusaha berhenti merokok, ia mengalami masa-masa paling mengerikan.

Namun, lama-kelamaan semuanya mulai membaik. “Pada 3 hari pertama , ingus terus keluar dari hidungku, aku tidak bisa tidur dan lesu di kantor. Selain itu, tenggorokanku seperti ada bulu yang membuat gatal dan menyakitkan.

“Tapi, percaya padaku, tubuhmu hanya berusaha mengeluarkan racun dan semuanya akan membaik,” kata Carlos. Ia menyarankan bila terasa mulai ingin merokok, perokok harus meminum banyak air.

Mereka pun harus berupaya mengalihkan perhatian selama 3-5 menit. Menurut Carlos, keinginan itu akan pergi. Dan di hari ketiga, keinginan untuk merokok akan semakin berkurang.

Selain membuat dirinya jadi hidup lebih sehat, Carlos juga berhasil menabung. Untuk membeli sebungkus rokok, ia biasanya mengeluarkan uang 24 Ringgit atau senilai Rp76 ribu. Carlos menabung uang tersebut di sebuah celengan setiap hari setelah berhenti merokok. Akhirnya, setelah berselang 1,5 tahun, Carlos berhasil mengumpulkan uang 4.875 Ringgit atau senilai Rp15 juta.

“Tidak pernah terlambat untuk berhenti merokok, yang terpenting adalah kamu harus punya kemauan untuk berhenti.”

Carlos mengunggah kisahnya di Facebook, viral dan telah dibagikan lebih dari 21 ribu kali.

https://www.facebook.com/carlos.phang.3/posts/10203834968790956

[]

Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *