barang mewah
Foto: provoke-online.com

Dulunya Dianggap “Sampah”, Kini 5 Benda Ini Dinilai Mewah

Perubahan adalah sesuatu yang tak terelakkan. Dunia ini selalu berubah dalam setiap detiknya.

Soal perubahan di dunia, dalam kurun waktu kurang lebih 100 tahun, telah ada banyak sekali perubahan. Ada yang dahulu dianggap tabu, namun sekarang dianggap wajar. Ada juga barang-barang yang dahulu dianggap murahan dan bahkan seperti sampah, tapi sekarang dianggap berkelas. Contohnya seperti 5 barang mewah ini, padahal di masa lalu mereka dipandang sebelah mata.

1. Lobster
Orang zaman sekarang jarang mengonsumsi lobster. Saat makan langsung difoto-foto karena masuk dalam ketegori makanan enak nan mahal. Beda dengan zaman dahulu. Sebelum pertengahan tahun 1800-an, lobster dianggap sebagai makanan rendahan yang hanya cocok dimakan orang miskin. Orang yang makan lobster di masa itu ialah tahanan, budak, atau orang yang sedang dalam perjalanan dan ingin menghemat uang.

2. Jeans
Dahulu celana jeans dibuat untuk pekerja tambang. Saat itu para pekerja membutuhkan pakaian yang tebal, kuat, tapi harganya terjangkau. Sampai pada tahun 1960-an, celana jeans masih dianggap sebagai seragam pekerja rendahan. Kemudian, jeans mulai muncul di film untuk karakter pemberontak. Dan pada tahun 1980-an, barulah jeans mulai dipakai sebagai pakaian sehari-hari hingga sekarang.

3. Kentang
Saat penjelajah Spanyol memperkenalkan kentang kepada orang Italia dan negara lain di Eropa, kentang dianggap sebagai makanan yang hanya cocok untuk hewan. Bahkan, dahulu ada yang mengira bahwa kentang sangat berbahaya dan jadi penyebab lepra. Jangankan orang kaya, orang miskin saja takut makan kentang.

Di Perancis, kentang juga sempat dianggap ilegal. Hingga akhirnya ada seorang ahli kesehatan, Antoine Auguste Parmentier, yang menulis soal keuntungan makan kentang. Setelah itu kentang mulai terkenal dan jadi makanan berkelas.

4. Sayap Ayam
Dulunya di berbagai negara terutama di Amerika, sayap ayam dianggap sebagai bagian yang paling tidak enak. Saking tidak enaknya, sebagian besar orang memilih buat ngebuang bagian sayap tiap kali masak ayam. Sangat berbeda dengan zaman sekarang. Permintaan akan sayap ayam malah tinggi. Kreasi masakan dari sayap ayam juga telah semakin beragam.

5. Pakaian sobek
Zaman sekarang pakaian sobek-sobek malah dicari orang. Dari orang biasa hingga selebritis kelas dunia, mereka mencari celana sobek. Jika Anda mempunyai celana sobek-sobek, Anda dianggap kekinian sejati. Tren fashion ini kebalikan dari zaman dahulu. Sebelum abad ke-21, pakaian sobek dianggap sebagai pakaian yang cocok buat orang miskin yang tak mampu membeli baju bagus. Orang kaya dan kaum bangsawan dilarang keras pakai baju yang sobek, demikian dilansir oleh provoke-online.com. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *