Unik, Informatif , Inspiratif

Ebiet G. Ade, Awalnya untuk Diri Sendiri, Menulis untuk Alam dan Kehidupan

0

Ebiet G. Ade, sosok penyanyi dan penulis lagu fenomenal yang pernah dimiliki oleh Tanah Air. Pemilik nama Abid Ghoffar bin Aboe Dja’far ini dikenal lagu-lagunya yang bertemakan alam dan kehidupan. Sebut saja seperti ‘Berita Kepada Kawan’, ‘Titip Rindu buat Ayah’, atau ‘Cita-cita Kecil si Anak Desa’.

Nyaris semua lagu Ebiet bernuansa simfoni. Penuh perenungan akan hidup ini. Ebiet mengungkapkan jika ketertarikannya kepada dunia musik berawal dari sang ayah. Menurut Ebiet, ayahnya dulu merupakan pemain biola.

“Kebetulan saya dapat tetesan darah suka musik itu dari ayah. Ayah saya itu dulu pemain biola. Dia tidak bermain secara kelompok, memainkan biola setiap hari,” kata Ebiet.

Adapun soal lagu-lagunya banyak bertemakan alam, Ebiet menuturkannya seperti ini: “Dulu niatnya cuma mengingatkan diri saya saja bahwa sebaiknya kita-kita hidup berusaha berdampingan dengan makhluk lain ciptaan tuhan.

“Kemudian masyarakat bisa menafsirkan lebih jauh bahwa lagu-lagu itu bisa jadi tema besar, dalam satu peristiwa bencana misalnya yang kemudian membangkitkan empati banyak orang untuk membantu. Itu buat saya berkah dan mudah mudahan jadi ibadah.”

Ebiet juga menceritakan salah satunya yang fenomenal adalah ‘Berita Kepada Kawan’. Lagu ini pun begitu akrab di telinga masyarakat di semua kalangan. Ebiet pun bercerita soal makna lagu yang diciptakannya tersebut.

“Pada saat itu kebetulan di daerah dekat dari tempat saya lahir ada peristiwa gas beracun di Dieng. Itu membuat saya tergerak untuk menulis bahwa kalau kita memahami bahwa alam atau kita mau berusaha mendekati alam, isyarat-isyaratnya rasanya kita tidak akan berseteru dengan alam tapi justru bersinergi membuahkan kebaikan buat kita semua. Hasilnya lagu itu,” demikian Ebiet. []

SUMBER: MERDEKA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.