menguras kuota, EdConnect, ibu yang tersesat
Foto: Ars Technica

EdConnect, Aplikasi Android untuk Permudah Guru Rekap Absen dan Penilaian

Teknologi kini sudah semakin canggih. Tak hanya berbentuk perangkat keras, perangkat lunak pun kini telah banyak membantu kita dalam mengerjakan segala hal.

Kini para guru akan semakin dipermudah dalam hal rekapitulasi absen, dan penilaian para muridnya dengan hadirnya aplikasi EdConnect Lite. Dengan adanya teknologi ini, penggunaan kertas bisa dikurangi.

“Di awal pendidikan di Indonesia banyak menggunakan kertas. Ini harus ditingkatkan, membantu supaya sekolah menjadi lebih baik otomatisasi data,” ujar Susanto salah satu pendiri EdConnect Lite di Jakarta, seperti dilansir dari Republika, Jumat (29/9/2017).

Para guru cukup menggunakan EdConnect Lite dalam smartphone untuk melakukan absen, memberi nilai, dan memantau rekapitulasi murid. EdConnect Lite kini dapat diunduh secara gratis dan hanya tersedia di Google Play Store.

Adapun dengan Absensi, para guru bisa menghemat waktu untuk merangkum hasil absensi, melalui EdConnect Lite secara otomatis dapat memberikan laporan baik harian, mingguan dan bulanan. Untuk Penilaian, aplikasi ini membantu para guru untuk mengelola penilaian dari setiap ujian yang diberikan kepada siswa.

EdConnect Lite dapat digunakan dari tingkat SD, SMP dan SMA. Apabila baru mengunduh, para guru harus mengisi sejumlah data diantaranya, tingkatan dan nama sekolah, kelas, kelola siswa siapa saja yang ada di kelas, dan jadwal pelajaran.

EdConnect telah meluncurkan EdConnect Lite beta untuk guru pada bulan ini. Lalu pada bulan Oktober nanti akan ada EdConnect untuk para orang tua agar dapat memantau kegiatan anak di sekolah. Bulan November nanti pun akan ada ujian nasional berbasis komputer atau computer based test (CBT). []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *