Unik, Informatif , Inspiratif

Empat Cara Mencerdaskan Bayi

0

SEMUA bayi yang baru lahir ke dunia dikaruniai Allah dengan otak yang terdiri dari 100 miliar neuron yang terhubung dengan 100 triliun sambungan neuron (sinaps).

Harus dipahami bahwa otak manusia itu bersifat plastis, artinya dapat berubah, beradaptasi, dibentuk dan terus tumbuh. Otak dapat dibentuk melalui stimulasi. Anak-anak yang mendapat stimulasi otak berpotensi memiliki kecerdasan majemuk yang maksimal.

Usia balita kerap dinamakan dengan the golden age, atau masa emas dari anak. Di usia inilah perkembangan otak anak sedang berkembang dengan pesat.

Di usia ini, otak anak seperti spons yang dapat menyerap banyak informasi dari lingkungannya dengan cepat.

Nah, orang tua bisa berusaha agar anaknya cerdas dengan melakukan beberapa usaha di bawah ini:

BACA JUGA: Ingin Bayi Terlahir Cerdas? Ibu Hamil Harus Perbanyak Konsumsi 10 Makanan Ini

1. Jalin ikatan emosional

Cara paling mudah yang bisa Ibu dan Ayah lakukan untuk menstimulasi kecerdasan Si Kecil adalah dengan melakukan berbagai kegiatan untuk menjalin ikatan emosional (bonding time). Menurut penelitian, sering melakukan kegiatan bonding time dengan bayi dapat menstimulasi kecerdasan dan meningkatkan IQnya.

2. Berikan mainan sesuai tahapan usia

Memberikan mainan sesuai usia bayi bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan sensorik dan motoriknya. Untuk bayi yang berusia 1-3 bulan, berikan mainan yang banyak mengeluarkan bunyi dan mudah digenggam. Pastikan mainan tersebut terbuat dari bahan yang aman bagi bayi.

Sedangkan jika usia Si Kecil sudah 3 bulan, Bunda dan Ayah bisa memberikan mainan yang memiliki beragam tekstur, misalnya boneka berbentuk binatang. Jika usianya sudah 9 bulan ke atas, berikanlah mainan dengan berbagai bentuk dan dapat melatih ketangkasannya, seperti puzzle atau balok susun.

3. Rutin mengajak bayi berbicara

Meskipun terlihat sederhana, rutin mengajak bayi bicara bermanfaat untuk menstimulasi kecerdasannya, terutama dalam kemampuan berbahasa.

BACA JUGA: Jangan Susui Bayi Sambil Berbaring, Bisa Sebabkan Gangguan Telinga!

Berbicara dengan intonasi yang berbeda dan menarik, akan membuat bayi lebih mudah untuk menirunya.

Pastikan juga ada kontak mata dengan Si Kecil saat Bunda dan Ayah mengajaknya bicara, ya. Hal ini karena kontak mata saat bicara akan memudahkannya untuk membangun memori di otak.

4. Ajak bayi mengenal lingkungan sekitar

Tidak ada salahnya sesekali Bunda dan Ayah mengajak Si Kecil beraktivitas di area sekitar rumah, seperti mengajaknya bermain di taman atau diajak bersilaturahmi dengan tetangga. Hal ini bermanfaat untuk menambah kosakata dan menstimulasi otak bayi untuk berpikir. []

SUMBER: ALODOKTER


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.