, Empat Manfaat Mengonsumsi Telur Rebus untuk Kesehatan
Unik, Informatif , Inspiratif

Empat Manfaat Mengonsumsi Telur Rebus untuk Kesehatan

0

Telur adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Telur bisa didapat dari binatang ternak yang menghasilkan telur seperti ayam, angsa, itik dan bebek. Namun jenis telur yang lebih sering dipilih untuk dikonsumsi adalah telur yang berasal dari ayam kampung dan ayam ras.

Cara untuk mengkonsumsinya juga beragam tergantung selera penikmat. Ada telur ini dimasak dengan cara ada yang digoreng seperti dibuatkan telur mata sapi, telur dadar dan ada yang direbus. Selain itu banyak juga makanan ringan seperti kue bolu yang berbahan dasar dari telur.

Manfaat telur dalam kehidupan sehari – hari sudah tidak diragukan lagi. Bagian telur seperti kuning telur dan putih telur juga baik untuk dikonsumsi karena mengandung manfaat yang banyak dibidang kesehatan. Selain itu mengkonsumsi telur secara mentah juga banyak dilakukan oleh para olahragawan untuk menjaga badan mereka tetap fit dan sehat.

Mengkonsumsi telur secara rutin sama sekali tidak menyebabkan penyakit jantung karena jenis kolesterol yang terdapat didalam telur adalah kolesterol yang baik. Anda bisa memilih mengkonsumsi telur sebanyak satu kali dalam sehari karena telur juga mengandung kalori yang cukup untuk menambah tenaga. Jumlah kalori satu butir telur berkisar 44 kalori.

Manfaat Makan Telur Rebus bagi Kesehatan

1. Menjaga kekuatan tulang

Kesehatan tulang berfungsi untuk menyangga tubuh agar tetap bisa bergerak untuk melakukan tugasnya sehari – hari. Kesehatan tulang dapat terancam sesuai dengan pertambahan usia. Contoh masalah tulang adalah osteoporosis yang membuat kekuatan tulang berkurang. Untuk mencegah osteoporosis lebih dini maka mulai sekarang konsumsilah makanan yang bergizi seperti telur.

2. Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya kinerja senyawa didalam sel darah merah yang bernama hemoglobin. Hemoglobin memiliki fungsi untuk mengikat oksigen pada sel darah merah untuk mencukupi kebutuhan organ – organ didalam tubuh lainnya. Anemia membuat penderita menjadi tampak pucat, mudah lelah dan sering merasa sakit kepala. Oleh sebab itu banyak orang yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat menderita anemia.

3. Mata

Telur mengandung vitamin a didalamnya yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Jadi tidak hanya wortel dan rimbang yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi telur tebus setiap hari menghindari mata dari rabun jauh dan rabun dekat. Jadi tidak ada salahnya memasukkan telur rebus sebagai sambal pelengkap makan nasi Anda.

4. Kanker payudara

Kanker payudara adalah penyakit mematikan nomor dua di Indonesia. Kanker payudara tidak hanya menyerang wanita namun juga pria hanya saja kaum wanita lebih rentan untuk terserang kanker payudara. Untuk mencegah kanker payudara langkah pertama adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Sosialisasi kanker payudara dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dirumah dapat membantu Anda mendeteksi keberadaan kanker lebih dini. Karena kanker yang lebih awal diketahui dapat disembuhkan dengan cepat. Beda dengan kanker payudara yang sudah diketahui saat memasuki stadium akhir tentu akan sulit untuk diobati. Rajin makan telur rebus dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara baik untuk wanita dan pria.

Itulah beberapa manfaat yang didapat dibidang kesehatan dengan rutin mengkonsumsi telur rebus sehari – hari. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.