Erdogan: Pengungsi Suriah Bisa Menjadi Warga Turki

foto: Twitter

INSPIRADATA. Pada pidatonya di hadapan pengungsi Suriah, Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan mengatakan, pengungsi Suriah yang tinggal di Turki akan memiliki kesempatan untuk menjadi warga negara Turki.

Selama ini pengungsi Suriah tinggal di kota Kilis, sebelah selatan Turki yang berbatasan dengan Suriah. Kota ini menjadi rumah bagi puluhan ribu migran.

“Kami akan memberikan kesempatan untuk memperoleh kewarganegaraan dengan membantu saudara-saudara ini dengan memantau melalui kantor-kantor yang didirikan oleh kementerian,” kata Erdogan seperti dikutip dari CNN, Minggu (3/7/2016).

Menurut badan pengungsi PBB, lebih dari 2,7 juta pengungsi Suriah tinggal di Turki. Dengan menawarkan pengungsi kewarganegaraan, Turki akan membuat mereka lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan atau bersekolah.

Turki menerapkan kebijakan pintu terbuka terhadap para pengungsi yang berarti mengakui pengungsi yang hidupnya berada di bawah ancaman. Banyak dari mereka yang kini berada di Turki melarikan diri dari Suriah utara. Mereka menghadapi bahaya dari ISIS dan serangan udara rezim Bashar al-Assad yang menyasar wilayah pemberontak.

Semoga langkash yang dilakukan Turki ini dapat diikuti oleh Negara-negara muslim lainnya untuk membantu warga Suriah yang menderita di tangan rezim Basyar Assad.[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *