Unik, Informatif , Inspiratif

Ethiopia Dilanda Krisis Toilet

0 106

Sebuah studi terbaru mengungkapkan, Ethiopia adalah salah satu negara di Bumi yang kurang beruntung untuk pengadaan toilet layak.

Charity WaterAid menemukan fakta bahwa Ethiopia ‘memimpin dunia’ dalam hal kelangkaan toilet. Negara terpadat penduduk kedua di Afrika ini mencatatkan, sekitar 93 persen warganya tidak punya akses toilet yang layak.

BACA JUGA: Saat Smartphone “Jajah” Hidup Manusia sampai ke Toilet

Selama ini, penduduk Ethiopia buang air besar dan kecil di kakus terbuka dan tak layak. Kebiasaan ini akan menyebabkan penyebaran penyakit, salah satunya diare.

Laporan yang dikeluarkan jelang Hari Toilet Dunia dari PBB ini membuktikan kurangnya akses toilet layak akan menimbulkan konsekuensi mematikan, termasuk bagi siswa.

Ribuan siswa meninggal

Hampir 140 ribu siswa meninggal dunia akibat diare dan penyakit lainnya setiap tahun. Laporan tersebut juga mengungkapkan, 289 ribu anak lainnya meninggal karena sakit, bahkan sebelum mereka masuk ke ruang kelas.

Carvalho, salah satu stekeholder, mengungkapkan bahwa salah satu penyebab dari kelangkaan toilet di Ethiopia adalah karena krisis yang mendera negara tersebut.

BACA JUGA: Inspiratif, China Punya Program Revolusi Toilet

Serangkaian bentrokan etnis, banjir, dan kekeringan berkepanjangan membuat pemerintah mengalihkan sumber daya dari pembangunan sanitasi untuk bantuan darurat lainnya.

“Ketika ada konflik di negara manapun, baik internal maupun perbatasan, laju pembangunan melambat (termasuk sanitas).”

SUMBER: CNNINDONESIA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline