Unik, Informatif , Inspiratif

Fahri Hamzah: Anies Gak Boleh Ikut Sementara Pejabat Gak Jelas pada Ikut?

0 3

Pencegatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan oleh Paspampres ketika akan ikut ke Podium Piala Presiden kemarin terus menuai komentar dari masyarakat. Hal ini juga ditanggapi oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. Adegan tersebut, kata Fahri, harus dijelaskan ke publik kenapa Anies tidak boleh ikut, sementara pejabat lain diperbolehkan ikut.

“Adegan ini kalau benar harus dijelaskan kepada publik oleh @KemensetnegRI . Kenapa gubernur DKI @aniesbaswedan Gak boleh ikut sementara pejabat Gak jelas pada ikut? Ahok aja diajak naik mobil RI1 padahal terdakwa…#NgawurKalian!!” kicau akun @Fahrihamzah.

Fahri juga mengatakan dalam cuitannya, pendampingan tersebut sudah diatur dalam undang-undang.

“Ada yg Cetak Goal terus presiden Ngasi selamat itu Gak ada dalam UU. Tapi pendampingan ada dalam UU Protokol,” cuit akun @Fahrihamzah menanggapi netizen yang soroti selebrasi Jokowi dan Anies.

Salah satu pengguna akun @rijal_saeful mempertanyakan undang-undangan yang mengatur sosok ‘pendamping’ Presiden.

“Dalam UU, siapa saja yang harus hadir mendampingi, Mas?” cuit akun @rijal_saeful.

Kemudian, Fahri pun menjawab bahwa ada konsep tuan rumah dalam UU protokoler.

“Dalam UU protokoler, Ada konsep tuan rumah… Kira2 siapa tuan rumah kalau bukan @aniesbaswedan??” kicau akun @Fahrihamzah.

Akun @faisalyusra lalu menanggapinya dengan mengunggah UU yang dimaksud oleh Fahri Hamzah, yakni UU 9/2010 terkait Keprotokolan.

Berikut isinya seperti diunggah warganet:

UU 9/2010 : KEPROTOKOLAN

Pasal 13
Tata Tempat bagi penyelenggara dan/atau pejabat tuan rumah dalam pelaksanaan Acara Resmi sbb:
a. dalam hal Acara Resmi dihadiri Presiden dan/atau Wkl Presiden, penyelenggara dan/atau pejabat tuan rumah mendampingi Presiden dan/atau Wkl Presiden.

Menanggapi status UU tersebut, Fahri pun menjawab:

“Ini yg saya sebut tadi…semua ada aturannya…negara ini Negara hukum (rechstaat) dijalankan oleh hukum bukan Oleh orang (rule of law not by Man). itu yang Sy protes….bukan soal pribadi @aniesbaswedan tapi karena pada dirinya melekat jabatan yg diberikan rakyat…” cuit akun @Fahrihamzah. []

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline