Unik, Informatif , Inspiratif

Fahri Hamzah Kritik Usulan Menag Ubah Biaya Haji dengan Kurs Dolar

0 37

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengkritisi usulan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang hendak menetapkan biaya penyelenggara haji menggunakan kurs dolar Amerika Serikat (AS).

Fahri juga menolak rencana kenaikan biaya ongkos ibadah haji yang mengacu pada kurs dolar AS.

BACA JUGA: Kemenag Usul Biaya Haji 2019 Menjadi USD 2.675, Setara Berapa?

Fahri justru meminta Menag agar tidak mengurusi biaya pengelolaan haji dan berkonsultasi dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Sebab, dibentuknya BPKH tak lain untuk mengelola keuangan haji, termasuk menekan terjadinya selisih jika kurs rupiah terhadap kurs dolar AS.

“Karena itu Kemenag konsultasinya dengan BPKH. Saya berharap dengan adanya BPKH tidak ada lagi kenaikan ongkos haji. Kenapa? Karena itu bisa ditalangi dulu BPKH. Kurs misalnya, ditalangi dulu BPKH,” ujar Fahri di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Menurut Fahri, BPKH sesuai pembentukannya harus mencari cara agar penyelenggaraan ibadah haji tidak naik. Menurutnya, selisih kurs dolar jangan dijadikan alasan untuk menaikkan biaya penyelengaraan haji.

“Memang kurs dolar lagi naik, tapi uangnya dia kan banyak sampai Rp100 triliun. Itu aja olah dulu, ringankan beban rakyat. Jangan dibalik dipakain dolar, nanti begitu dirupiahkan ternyata naik. jangan begitu lah sama rakyat,” ungkap Fahri.

BACA JUGA: Larangan Haji Warga Palestina Hoaks, Dubes Saudi: Berita Itu Buatan Israel dan Inggris

Selain itu, Fahri juga tidak setuju dengan rencana Kemenag yang bakal menaikkan biaya haji 2019 karena alasan peningkatan pelayanan.

“Justru itu, kita jangan setiap ada peningkatan mau dinaikin lagi, jangan dong. Orang itu ingin bayar kepada negara untuk peningkatan pelayanan yang lebih baik,” kata Fahri. []

SUMBER: IHRAM

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline