Fakta dan Manfaat Buah Tin

Fakta dan Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan

Fakta dan Manfaat Buah TinINSPIRADATA. Buah tin merupakan salah satu buah istimewa yang ada di dunia. Selain memiliki banyak manfaat, buah tin juga menjadi salah satu nama dalam Al-Quran yaitu surat At-Tin yang terdiri dari 8 ayat. Lantas, apa saja fakta dan manfaat buh tin?

1. Dapat menurunkan berat badan
Buah tin merupakan sumber makanan yang kaya akan serat. Seperti kita tahu, serat merupakan nutrisi yang sulit dicerna aleh lambung. Oleh karenanya, kita akan merasa kenyang lebih lama jika mengonsumsi makanan yang tinggi serat.

2. Membantu menurunkan tekanan darah
Kandungan potasium yang tinggi pada buah tin bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi dapat membebani kinerja jantung. Penyakit satu ini disebabkan karena seringnya mengonsumsi makanan cepat saji dan banyaknya garam yang ditambahkan dalam makanan kita. Memakan buah tin baik yang segar maupun yang kering dapat membantu mengatasi penyakit ini.

3. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang memiliki sifat khas seperti massa tulang yang rendah, berkurangnya struktur jaringan pada tulang, sehingga menimbulkan tulang yang keropos. Seperti telah dibahas sebelumnya, buah tin kaya akan kalsium. Kalsium ini berperan penting untuk membentuk tulang dan mempertahankan kepadatan tulang.

3. Mencegah dan mengobati kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Pengobatannya pun tak mudah. Pasien harus melakukan chemoterapy yang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Selain itu, kemoterapi juga dampak buruk bagi sel-sel sehat di dalam tubuh. Karena buah tin mengandung antioksidan kuat, dan nutrisi yang lengkap, maka buah tin cocok dijadikan sebagai terapi untuk mengobati kanker. [ta]

Sumber: Sobat Kebun


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *