Unik, Informatif , Inspiratif

Fakta Estonia, Negara Paling Modern dan Inovatif di Dunia

0

Nama Estonia mungkin belum terlalu familiar bagi masyarakat Indonesia. Negara kecil yang terletak di tepi Laut Baltik, Eropa Utara, ini memang kalah mentereng jika dibanding negara Eropa lainnya, seperti Jerman, Belanda, Spanyol, atau Perancis.

Namun siapa sangka, meski negaranya tak begitu luas dan penduduknya sangat sedikit, Estonia nyatanya sukses menjelma sebagai salah satu negara paling modern dan inovatif.

BACA JUGA: Wow, Ini Dia Trik Canggih agar Koneksi Internet Laptop Kenceng!

Estonia dikenal sebagai negara asal Skype (aplikasi pesan, panggilan suara dan video). Negara ini ternyata sudah mengejar mimpi membentuk masyarakat yang 100% digital sejak tahun 1990-an lho. Maka tidak heran jika Estonia kini menjadi negara terdepan soal kehidupan digital.

Di Estonia, segala urusan pemerintahan seperti pengurusan dokumen resmi dibuat sepenuhnya secara online. Berbeda jika di Indonesia, soal pengurusan seperti ini  sering bikin orang-orang kesah karena harus mengantri berjam-jam.

Estonia adalah negara pertama dan hingga kini satu-satunya negara yang berani mengadakan pemilu secara 100% online.

BACA JUGA: Wow, Ponsel Canggih Terbaru Ini Bisa Terbang Sendiri

Bukan teknologi semacam robot atau mobil tanpa pengemudi, Estonia justru lebih fokus membangun negara digital dengan sistem yang efektif dan efisien. Makanya, negara ini adalah salah satu pengguna internet paling awal.

Sejak awal tahun 2000-an, setiap warga negara Estonia mempunyai kartu penduduk yang super canggih dan terintegrasi.

Bahkan sejak tahun 1997, hampir semua sekolah di Estonia telah dilengkapi jaringan internet. Sekarang programming dan coding jadi kurikulum wajib dari usia TK.

Estonia juga merupakan negara pertama yang berani mengadakan pemilu 100% online. Semua pemilih tidak perlu datang ke TPS untuk mencoblos, mereka hanya perlu menggunakan hak pilihnya melalui laptop.

SUMBER: HIPWEE


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline