, Fakta Mengejutkan dari Manfaat Buah Anggur
Unik, Informatif , Inspiratif

Fakta Mengejutkan dari Manfaat Buah Anggur

0

 

Buah anggur sejak dulu didaulat sebagai buah para raja. Pada zaman Yunani Kuno, buah bundar yang rasanya manis ini memang sering dihidangkan untuk kaum bangsawan dan raja-raja.

Nah kalau dikenal sebagai buah mewah, zaman sekarang buah ini sudah bisa dibeli di pasar dengan harga yang terbilang murah. Ada tidak, sih, manfaat anggur buat kesehatan? Tentunya!

Manfaat anggur bagi kesehatan

Selain itu, manfaat anggur bagi kesehatan sayang untuk dilewatkan karena buah bulat manis ini tinggi kandungan fitonutrien dan antioksidannya.
Rutin makan buah ini ternyata baik untuk menjaga kecantikan serta kesehatan Anda secara menyeluruh. Berikut adalah beragam manfaat anggur yang sayang untuk dilewatkan.

1. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia. Berbagai studi berhasil menemukan bahwa kandungan resveratrol, yaitu sejenis antioksidan dalam buah anggur dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Kandungan resveratrol dalam buah ini dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor dan kanker. Terutama yang bertumbuh di payudara, lambung, hati, dan getah bening.

2. Menjaga kesehatan jantung

Anggur mengandung flavonoid yang dinamakan rutin. Pada kondisi tertentu darah dalam tubuh Anda mengalami pembekuan. Rutin yang terdapat pada anggur ini memiliki kemampuan untuk memperlambat laju darah yang mengalami pembekuan ini dengan menghambatnya. Sehingga manfaat anggur yang memiliki kandungan rutin ini juga mampu mengurangi risiko seseorang terkena serangan jantung dan stroke

3. Melawan penuaan dini

Selain resveratol, buah ini juga kaya akan kandungan antioksidan lainnya seperti quaercetin dan rutin. Ketiga antioksidan ini berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh.

Seperti yang diketahui, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA, serta gangguan keseimbangan dalam tubuh. Kerusakan sel inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini. Gejalanya antara lain kulit keriput, rambut beruban, atau tulang keropos.

4. Menjaga kesehatan otak

Manfaat anggur juga bisa dirasakan oleh otak Anda. Resveratrol dalam buah mampu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik.
Selain itu, sebuah penelitian di Jerman membuktikan bahwa revestratrol bisa membantu memperkuat daya ingat manusia.

5. Meredakan gejala alergi dan peradangan

Buah ini juga bisa membantu melawan peradangan di dalam tubuh. Anggur memiliki sifat antiradang dan antihistamin. Peradangan sendiri merupakan respon tubuh terhadap suatu bahaya, seperti stres, inveksi bakteri dan virus, serta bahan kimia beracun.

Mengonsumsi buah ini mungkin bisa membantu meringankan gejala peradangan, entah itu karena terkena penyakit arthritis, radang gusi, radang usus, radang kulit, atau radang pada jantung (miokarditis).

Nah gak nyangka kan? Walau buah nya kecil seukuran kelereng, jangan remehkan manfaatnya! Semoga bermanfaat. []

SUMBER: hellosehat.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.