fakta sejarah bom atom, Fakta Sang Penemu Bom Atom
Unik, Informatif , Inspiratif

Fakta Sang Penemu Bom Atom

0

Penemu bom atom adalah Julius Robert Oppenheim. Dia merupakan ilmuwan fisika. Awal keterlibatan Oppenheim dalam dunia fisika atom dan nuklir adalah pada tahun 1930-an.

Oppenheimer adalah penyumbang pikiran dalam fisika atom dan nuklir, termasuk pikiran mula mengenai bintang neutron dan lubang hitam yang ternyata sudah alam diabaikan astronom.

BACA JUGA: Soal Teror Bom Gereja di Surabaya, Ini Kata Jokowi

Setelah 3 tahun bekerja keras dalam penelitiannya, Oppenheimer pun menyaksikan uji coba ledakan bom atom pertama di gurun Mexico pada tanggal 16 Juli 1945.

Ledakan uji coba bom atom itu diklaim banyak orang bakal merubah sejarah dunia untuk selamanya. Dan hal ini pun terbukti dengan meledaknya dua bom atom yang menghanguskan Hirosima dan Nagasaki, menewaskan ratusan ribu orang.

Keadaan ini membuat Jepang harus menyerah dan mundur dari PD II pada tanggal 10 Agustus 1945. Meski dikecam kejam karena telah membunuh ratusan ribu jiwa, bom atom temuan Oppenheimer tetap memiliki dampak positif, karena mampu mengakhiri PD II yang sudah berlangsung lama.

BACA JUGA: Inilah Bentuk Bom Rakitan di Rusunawa Sidoarjo

Ketika perang usai, Oppenheimer tetap aktif dalam bidang ini. Ia pun terpilih sebagai ketua Komisi Energi Atom Amerika Serikat.

Oppenheimer akhirnya menentang pengembangan bom hydrogen kekuatannya lebih dahsyat dari bom atom. Oppenheimer dianggap berkhianat, ia pun di adili pada tahun 1953.

Meski tidak terbukti bersalah, perlindungan keamanan dan kontraknya sebagai penasehat bagi Komisi Energi Atom tetap dicabut. Tak patah arang, Oppenheimer tetap berkarir dan bersemangat.

Dia melanjutkan karirnya sebagai pendidik pada “the academic post of director of the Institute of Advanced Study at Princeton University”.

Julius Robert Oppenheimer pensiun karena terkena kanker tenggorokan. Tahun 1967 ia meninggal dalam usia 63 tahun. Melalui bom atom, Julius Robert Oppenheimer merubah sejarah dunia untuk selamanya. []

SUMBER: PENEMU


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.