tidur
Foto : Kompasiana.com

Fakta Tentang Lebih Suka Tidur Saat Mendengarkan Pidato

Suka tidur saat mendengarkan pidato, apakah pernah mengalami hal tersebut? Atau sering mengalami hal tersebut? Pernahkah memikirkan alasan kenapa lebih senang tidur saat mendengarkan pidato?

Bisa saja alasan dari lebih suka tidur saat mendengarkan pidato itu karena isi pidato yang sedang disampaikan tersebut membosankan. Namun ternyata bukan alasan itu saja yang menyebabkan diri kita tertidur saat mendengarkan pidato.

Faktor psikis dan fisik pun bisa menjadi penyebab orang suka tertidur. Psikis bisa karena rasa bosan seperti yang ditulis di atas, menganggap isi pidato tersebut tidak penting, dan cuaca yang mendukung untuk tidur seperti saat setelah hujan, atau setelah makan siang.
Sedangkan dari faktor fisik yaitu rasa kantuk. Saat kita kelelahan, kurang tidur, anemia, terkena efek samping obat semua hal itu sangat sulit dihindari, hal itu termasuk ke dalam faktor fisik.

Dalam bukunya Brain Rules, John Medina melakukan sebuah penelitian mengenai kasus banyaknya orang tertidur saat pidato. Penelitian ini ia lakukan pada jam mata kuliah, di mana kasusnya tersebut mirip ketika pidato berlangsung.

Dari penelitian tersebut, data menunjukkan bahwa mahasiswa memperhatikan penjelasan dosennya hanya sekitar 10 menit, setelah itu mereka tidak akan memperhatikan. Hal itu membuat mereka bosan lalu tertidur.

Solusi untuk membuat orang tidak tidur saat mendengarkan pidato yaitu si penyampai pidato harus menyampaikan pidato dengan menambahkan sedikit candaannya agar tidak terasa monoton dalam menyampaikan pidato tersebut. []

Sumber : Brilio.net


Artikel Terkait :

About Nuryani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *