Filosofi di Balik Brewok dan Janggut Fidel Castro

fidel-castroINSPIRADATA. Fidel Castro, mantan Presiden Kuba dan tokoh legendaris dunia, meninggal di usia 90 tahun pada Jumat (25/11/2017) malam waktu setempat. Sosok yang sangat anti barat ini acapkali tampil di hadapan publik dengan mengenakan pakaian khas militer. Selain itu dia memelihara brewok dan berjanggut.

Mungkin, selain Muslim, jarang sekali seseorang—apalagi tokoh dunia—yang memelihara brewok dan berjanggut. Tokoh-tokoh dunia, biasanya tampil perlente dan rapih tanpa janggut dan brewok. Tapi tidak dengan Fidel Castro.

Brewok dan Janggut Fidel Castro, memang menjadi ciri khasnya sendiri yang sukar dilupakan. Namun, rupanya ada unsur filosofis di balik brewok dan janggut Fidel Castro tersebut.

Dalam sebuah wawancara tahun 1959, Fidel Castro mengibaratkan janggutnya itu sebagai lambang komitmen pengabdiannya kepada rakyat Kuba.

“Tak pernah terpikirkan bagi saya untuk mencukur janggut karena saya terbiasa dengan (memelihara) janggut. Janggut saya ini berarti banyak hal untuk negara saya. Kalau kami sudah menunaikan janji-janji pemerintahan yang baik, maka saya akan mencukur janggut,” demikian kutipan Fidel Castro, seperti dilansir CCTV.

Fidel Castro sendiri bisa dibilang salah satu tokoh dunia yang paling berpengaruh, ia merupakan sosok di balik revolusi Kuba yang membuatnya menjadi negara yang cukup berpengaruh di kawasan Amerika. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *