Unik, Informatif , Inspiratif

Firasat Kucing dan Pertanda Gempa

0 23

Sebagian besar manusia tak bisa memprediksi dan menduga secara pasti kapan datangnya Bencana Alam. Hal tersebut berbeda dengan hewan.

Ya, dengan adanya itu manusia bisa menggunakan beberapa kemampuan hewan untuk mengetahui bencana alam yang akan datang di kemudian hari.

BACA JUGA: Penelitian: Pecinta Kucing Hidup Lebih Bahagia

Beberapa hewan memang telah diberikan naluri untuk merasakan keanehan dan pertanda yang ditimbulkan dari berbagai bencana alam yang ada di bumi ini.

Beberapa bencana tersebut bisa meliputi gempa bumi, gunung meletus, tsunami, angin topan dan masih banyak lainnya.

Seperti kucing misalnya, setelah gempa bumi berkekuatan 9 skala richter (SR) pada 2011 di Jepang, Hiroyuki Yamauchi dari National Tsing Hua University bersama rekannya melakukan survei tentang bagaimana kucing bereaksi sebelum gempa.

Survei tersebut menemukan bahwa enam hari atau lebih sebelum gempa dahsyat, beberapa kucing menunjukkan perilaku yang tidak biasa dan menjadi lebih tertekan.

BACA JUGA: Belanda Gelar Aksi Sosial Donasi Gempa Sulawesi Tengah

Seekor kucing akan mulai gemetar, gelisah dan melarikan diri. Para peneliti percaya bahwa kucing dapat merasakan gempa sebelum waktunya karena mereka memiliki jangkauan pendengaran yang lebih luas dari manusia. Mereka juga mampu mendeteksi perubahan dalam tekanan atmosfer, gravitasi dan deformasi tanah. []

SUMBER: OKEZONE

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline