flu burung (foto: okezone)

Flu Burung Dikabarkan Kembali, Waspadai Beberapa Faktor Ini!

Setelah sempat hilang dari peredaran, kali ini flu burung kembali dikabarkan muncul di beberapa wilayah di Asia.

Indonesia salah satunya. Mengingat, di negara kita ini terdapat banyak sekali peternakan unggas. Mengenai hal tersebut, ada baiknya kita antisipasi dan mewaspadainya lewat beberapa faktornya berikut ini,

Kebersihan

Faktor paling penting dalam mencegah penyebaran sekaligus infeksi flu burung adalah kebersihan. Dengan menjaga kebersihan rumah tinggal, maka kita juga akan menurunkan resiko terkena penyakit ini.

Selain itu, bagi mereka yang memelihara ayam, burung, dan unggas lainnya, diharapkan selalu membersihkan kandangnya secara rutin, tempat di sekitar kandang, serta selokan rumah. Selain itu, pastikan untuk selalu membersihkan badan dengan sabun setelah melakukan kontak dengan unggas tersebut.

Mengenal beberapa gejala flu burung

Saat menghadiri acara Simulasi Pandemi Influenza di Tangerang Selatan, Selasa (19/09) lalu, Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek menyebutkan, ada baiknya kita tidak menganggap remeh gejala influenza, karena bisa jadi hal ini adalah tanda awal dari flu burung. Beliau berpesan agar kita segera memeriksakan gejala flu yang semakin memburuk ke dokter agar penyakit ini bisa segera diobati.

Flu biasa biasanya akan berlangsung selama 4 hari dan bisa sembuh jika kita banyak beristirahat, banyak minum air, dan minum obat. Sementara itu, gejala awal flu burung bisa berlangsung selama lebih dari 10 hari dan gejalanya cenderung semakin memburuk.

Mewaspadai faktor cuaca

Cuaca di tanah air yang semakin tidak menentu dimana terkadang bisa panas dan sangat kering namun tiba-tiba saja hujan ternyata bisa membuat daya tahan tubuh menurun dan membuat kita jatuh sakit. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan bergizi, banyak beristirahat, atau minum suplemen agar daya tahan tubuh kita tetap kuat dan tidak mudah terkena penyakit.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita selalu menjaga kesehatan dengan cara selalu membersihkan rumah dan tidak pernah lupa cuci tangan agar tidak mudah terkena flu burung. []

Sumber: Doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *