ion silver
ion silver (foto: sportschem)

Fungsi Ion Perak Buat Tubuh?

ion silver
ion silver (foto: sportschem)

INSPIRADATA. Meski merupakan sebuah senyawa logam, penggunaan ion perak dalam produk kesehatan bersifat aman. Keunggulan ini menyebabkan ion perak begitu populer digunakan untuk aktivitas terkait pengobatan dan perawatan.

Bahkan, seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan perak dibuat dengan menggunakan bentuk ionnya (Ag+) sebagai antimikroba. Dunia kedokteran memanfaatkan ion perak untuk membunuh kuman guna menurunkan risiko infeksi dan menjaga kebersihan diri.

Keampuhan ion perak dalam membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri telah terbukti dalam rentang waktu yang luas. Berdasarkan penelitian di Brigham Young University dan Northwestern Medical School Amerika Serikat, ion perak memiliki potensi besar dalam mencegah infeksi oleh bakteri.

BACA JUGA
Harumkan Indonesia, Siswa Madrasah Ini Raih Mendali Perak di Ajang Internasional
Sinyal Tubuh Inilah Tandakan Anda Butuh Istirahat

Pencegahan infeksi bakteri yang paling utama antara lain pada saluran pernapasan dan pencernaan. Dua jenis bakteri yang dapat dicegah penyebarannya pada saluran pernapasan adalah bakteri Staphylococcus aureus, sementara pada saluran pencernaan adalah bakteri Escherichia coli.

Kemampuan menghadapi infeksi bakteri ini yang kemudian menjadi jalan mauk bagi penggunaan ion perak untuk keperluan yang lebih luas lagi. Ion perak kini juga banyak digunakan dalam perawatan gigi, penyembuhan luka bakar, hingga mendukung prosedur operasi.

Dalam mendukung operasi, selain digunakan dalam operasi rekonstruksi tulang dan sendi, ion perak juga digunakan sebagai salah satu unsur dalam piranti pendukung kerja jantung yang digunakan pasca operasi jantung. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *