gaji wanita lebih besar
Foto: Reuters

Gaji Wanita Indonesia Ternyata Lebih Tinggi dari Pria, Ini Faktanya

Bicara soal besaran gaji antara wanita dan pria di Indonesia memang menarik. Dari fakta yang beredar, pada beberapa bidang pekerjaan, gaji wanita justru lebih tinggi dibanding pria. Bahkan di bidang kerja yang umumnya dipegang kaum Adam, seperti teknik (engineering) dan hukum, gaji untuk kaum hawa ternyata lebih besar. 

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh situs Jobplanet.com – sebuah platform komunitas online yang menampilkan informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, terhadap 46.000 karyawan tingkat staf dan 14.000 karyawan tingkat manajer dari 35 provinsi di Indonesia dengan persentase 49% pria dan 51% wanita, gaji wanita terbukti lebih tinggi dibandingkan pria.

Dikutip dari Cosmopolitan, survei tersebut merilis gaji pokok (tanpa bonus dan tunjangan) rata-rata staf wanita mendapatkan Rp3,660,000,-. Nilai ini lebih tinggi 1,1% dibandingkan gaji staf pria.

Jika menyasar tingkat manajer, wanita mendapatkan gaji rata-rata Rp7,696,000,-, lebih tinggi 4,6% dibandingkan dengan gaji pria.

Riset ini menunjukkan bahwa gaji wanita pada tingkat staf di bidang hukum, engineering dan HRD lebih tinggi dibanding pria. Sementara di tingkat manajer, gaji wanita di bidang HRD, engineering, keuangan dan pengembangan bisnis lebih tinggi dibanding pria.

Uniknya, di bidang engineering, hukum dan research and development, perbedaan gaji staf wanita dan pria bisa mencapai hingga 10%. Lalu, pada tingkat manajer, gaji wanita di bidang pengembangan binsis, engineering, keuangan, akuntansi, serta R&D, lebih tinggi tujuh sampai dengan 14% dibandingkan gaji manajer pria.

Berdasarkan Survei Jobplanet ini juga menunjukkan semakin banyaknya perusahaan yang memercayakan dan memperhitungkan kemampuan wanita untuk bekerja di berbagai posisi. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *