Unik, Informatif , Inspiratif

Gaun Miss Singapura Bersimbol Korea Utara dan Amerika Tuai Kritik

0 39

Kostum yang mengundang kontroversi itu adalah Kostum yang didesain oleh Mr Moe Kasim dari Moephosis Concepts yang berkolaborasi dengan national director Miss Universe Singapura, Nuraliza Osman. Kostum ini dilengkapi dengan fitur sayap berwarna putih, sebagai simbol perdamaian.

Selain simbol-simbol perdamaian lainnya, kostum tersebut juga dilengkapi dengan gambar pemandangan skyline ikonis Singapura, Gardens by the Bay dan Marina Bay Sands.

Kostum ini dibuat sengaja bertema perdamaian. Tema ini terinspirasi dari p ertemuan antara pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, yang digelar di Singapura pada 12 Juni silam, memang menyisakan sejarah tersendiri bagi dunia perpolitikan. Pertemuan tersebut membuka jalan bagi perdamaian dan denuklirisasi yang sejak lama jadi sorotan.

BACA JUGA : Bertemu dengan Mohammed Salah, Model Ternama Inggris Ini Jadi Mualaf

Dengan mendesai kostum perdamaian, sejarah yang telah berlalu ini tetap menjadi ‘spotlight’ karena pilihan kostum nasional Miss Universe Singapura, Zahra Khanum.

Zahra Khanum berencana mengenakan gaun yang bergambarkan pertemuan antara Donald Trump dan Kim Jong-un sebagai kostum nasionalnya pada ajang pemilihan Miss Universe di Bangkok pada 17 Desember mendatang.

Dilansir Channel News Asia, uniknya, kostum ‘perdamaian’ berwarna biru terang dengan material berbahan satin tersebut terlihat seperti gaun pada umumnya dari luar. Berwarna biru polos berbentuk cloak melebar ke bawah. Namun, jika dibuka bagian dalam, maka terdapat kejutan berupa gambar tangan Trump dan Kim yang sedang bersalaman.

Bagaimana tidak menjadi perbincangan, karena ternyata banyak masyarakat Singapura yang mempertanyakan, bagaimana sebuah bendera AS dan Korea Utara dalam kostum tersebut, bisa merepresentasikan nasionalisme Singapura.

Zahra menjawab bahwa kostum yang dipakainya memiliki gambaran lebih luas dan dalam tentang representasi yang Singapura berikan, yaitu perdamaian dunia. Dan fakta bahwa Singapura menghubungkan negara-negara untuk menciptakan hubungan yang positif.

“Memang, ini tak merepresentasikan Singapura secara keseluruhan, tapi ini merupakan gambaran baik atas apa yang Singapura telah lakukan untuk sekarang dan yang akan datang,” tambah Zahra.

BACA JUGA: Sosok di Balik Desainer Busana Muslim Syar’i Pertama di Paris Fashion Week

Gambar pemandangan skyline ikonis Singapura, Gardens by the Bay dan Marina Bay Sands ditambah dengan simbol perdamaian, membuat kostum ini unik, dan sebagian orang memandangnya aneh.

“Ketika kami diberitahu untuk mendesain sesuatu yang berhubungan dengan momen bersejarah tersebut, kami sempat ragu dan paham bahwa hal itu amat sensitif bagi dunia politik. Tapi hey! #ChallengeAccepted,” tulis perusahaan Moephosis Concepts di akun Facebook resminya.

Seolah tak peduli dengan kritik, tampaknya Miss Singapura Zahra Khanum akan tetap melenggang di panggung Miss Universe 2018 mengenakan kostum tersebut. Mari kita nanti aksinya dalam balutan kostum kontroversi ini pada 17 Desember 2018. []

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline