Unik, Informatif , Inspiratif

Ginekomastia, Apa Bisa Disembuhkan?

0 20

Ginekomastia adalah kondisi di mana terjadinya peningkatan ukuran payudara pada pria. Ginekomastia dapat terjadi pada bayi yang baru lahir, pada masa pubertas, dan lansia, serta dapat terjadi pada satu maupun kedua payudara. Lalu apakah ginekomastia ini dapat diobati?

Ginekomastia tidak bersifat kanker dan sebagian besar merupakan kondisi yang bisa membaik dengan sendirinya. Pengobatan ginekomastia pada beberapa kondisi tertentu memerlukan penanganan yang berbeda oleh dokter. seperti pada kasus ginekomastia yang muncul akibat penyakit sirosis, malanutrisi, dan hipogonadisme. Pengobatan yang mungkin direkomendasikan oleh dokter Anda juga bisa sama dengan pengobatan pada penyakit lain, seperti kanker. Sebaliknya, dokter juga dapat menghentikan atau mengganti pengobatan yang diduga menjadi pemicu kondisi ini.

BACA JUGA: Perawatan Payudara Sejak Hamil Hingga Melahirkan

Related Posts

Kondisi ginekomastia yang disebabkan oleh perubahan hormon alami biasanya dapat membaik seiring berjalannya waktu. Dokter akan tetap menjadwalkan evaluasi rutin tiap 3-6 bulan untuk mengamati perkembangan kondisi ini pada pasien. Dokter kemudian akan merekomendasikan perawatan yang sesuai bagi kondisi yang ternyata tidak membaik atau untuk menghindari trauma psikologis akibat pengaruh kondisi ini pada penampilan fisik pasien.

BACA JUGA: Puting Terasa Gatal? Atasi dengan Cara Ini

Penanganan yang umumnya diambil untuk menyembuhkan atau menghilangkan ginekomastia yang dianggap mengganggu penampilan pasien adalah prosedur liposuction dan mastektomi. Liposuction akan mengangkat lemak yang terdapat pada jaringan payudara, sementara mastektomi adalah prosedur yang dilakukan untuk mengangkat kelenjar jaringan payudara yang terjangkit melalui prosedur endoskopi. Konsultasikan bersama dokter Anda mengenai pilihan perawatan yang dianggap sesuai dan nyaman dengan kondisi pasien sebelum memulai langkah pengobatan atau kelompok konseling. []

 

SUMBER: ALODOKTER

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline