Unik, Informatif , Inspiratif

Ginekomastia, Apa Itu?

0 19

Payudara adalah salah satu bagian pada tubuh wanita. Namun teryata, ada sebuah kondisi yang bisa menyebakan seorang pria memiliki payudara juga, lho.

Kondisi ini dinamakan dengan Ginekomastia. Ginekomastia adalah terjadinya peningkatan ukuran payudara pada pria. Peningkatan payudara yang terjadi tidak bersifat kanker dan sebagian besar merupakan kondisi yang bisa membaik dengan sendirinya. Ginekomastia dapat terjadi pada bayi yang baru lahir, pada masa pubertas, dan lansia, serta dapat terjadi pada satu maupun kedua payudara.

BACA JUGA: Ginekomastia, Apa Bisa Disembuhkan?

Ginekomastia disebabkan oleh ketidakseimbangan antara jumlah hormon estrogen dan testosteron yang diproduksi oleh tubuh. Ketidakseimbangan ini diakibatkan oleh kondisi-kondisi yang berisiko menghalangi produksi hormon testosteron atau justru memicu produksi hormon estrogen secara berlebih. Beberapa kondisi yang menjadi pemicu ginekomastia adalah perubahan hormon alami dan perubahan hormon yang diakibatkan oleh zat atau obat-obatan, dan akibat pengobatan untuk suatu penyakit.

Related Posts

Obat anticemas, antidepresan, steroid, pengobatan penyakit jantung (seperti digoksin dan penghambat kanal kalsium), pengobatan HIV, kemoterapi, dan antibiotik tertentu dapat menyebabkan ginekomastia. Penggunaan  amphetamines, methadone, steroid, heroin, merokok mariyuana, dan konsumsi minuman beralkohol juga dapat menjadi penyebabnya.

BACA JUGA: Ini 4 Ciri Kanker Payudara Stadium 1, Wanita Wajib Tahu Sebelum Terlambat

Kondisi kesehatan lain juga dapat mengganggu kadar hormon normal sehingga menyebabkan ginekomastia, seperti gagal ginjal, gangguan pada organ hati, dan berbagai tumor (testis, kelenjar adrenal, dan kelenjar pituitari). Penyakit hipogonadisme, hipertiroidisme, penuaan, malanutrisi, dan kelaparan juga bisa menjadi penyebab ginekomastia. Begitu pula dengan penggunaan produk-produk herbal, seperti minyak lavender dan tea tree.

Usia 50-80 tahun adalah kelompok usia yang paling banyak mengalami ginekomastia, dengan setidaknya terjadi pada 1 dari 4 pria. Sementara itu, bagi sebagian besar remaja laki-laki yang mengalami ginekomastia, jaringan payudara yang membengkak ini akan menghilang dan membaik dengan sendirinya dalam periode 6 bulan hingga 2 tahun. Ginekomastia pada bayi baru lahir dapat dipicu oleh hormon estrogen ibu mereka dan akan menghilang dalam periode 4 minggu setelah bayi lahir. []

 

SUMBER: ALODOKTER

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline