Foto: Rare Historical Photos

Gol Tangan Tuhan Maradona

Foto: Rare Historical Photos

INSPIRADATA. Bagi Anda pecinta sepakbola, tentu tak akan pernah lupa dengan Maradona. Utamanya, gol tangan tuhannya.

Gol tangan Tuhan Maradona terjadi tanggal 22 Juni, 1986 di Estadio Azteca, Mexico City. Ketika gocekan Diego Maradona melewati 5 pemain Inggris lalu diumpan sampai bola melambung ke atas. Maradona pun menyambut dengan tangannya. Saat itulah bola masuk ke gawang Inggris.

Gol ini terjadi di menit 51′.

Saat itu, Maradona menusuk ke tengah dari sektor kiri dan melepaskan umpan mendatar kepada Jorge Valdano, lalu berlari maju dan menantikan umpan susulan dari rekan senegaranya itu.

Sayang, bola operan Maradona terlalu kencang sehingga tak mengarah tepat ke Valdano. Steve Hodge pun berhasil menjangkau bola lebih dulu, tapi gelandang kiri Inggris itu gagal menyapu bola. Hasil sepakannya malah mengarah ke kotak penalti, ke arah Maradona yang sedang berlari.Namun Shilton cukup waspada dan berlari mengejar bola, berniat untuk memukulnya jauh-jauh.

https://youtu.be/IFMAtNZK8Ow

Tak disangka, Maradona yang 20 cm lebih pendek dari Shilton berhasil menjangkau bola lebih dulu dengan tangan kirinya. Bola melambung melewati kepala Shilton, lalu masuk ke gawang yang tak dijaga siapapun. Sang kiper tentu tak peduli ketika bola masuk ke gawangnya, tapi ketika wasit Ali Bin Nasser mengesahkan gol tersebut, sontak sang kiper murka – walau murkanya tak berarti apa-apa.

Di konferensi pers pasca laga, Maradona mengatakan kalau gol tersebut dicetak “dengan sedikit kepala Maradona dan sedikit bantuan tangan Tuhan.” Hal inilah yang membuat gol tersebut terkenal dengan nama gol tangan Tuhan yang nantinya memanaskan rivalitas antara Inggris dan Argentina.


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *