Golongan Orang yang Menyesal di Akhir Ramadhan

0

Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti dan dirindukan kedatangannya. Umat Muslim selalu menantikan bulan yang berlimpah pahala dan rahmat itu.

Karena Ramadan bukan hanya tentang puasa dan menahan diri dari haus dan lapar. Lebih dari itu, setiap kebaikan di bulan Ramadan akan mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda. Hal itulah yang menjadikan Ramadan adalah bulan penuh kemuliaan.

Tapi ternyata dari sekian banyaknya keutamaan di bulan Ramadan. Terdapat golongan orang yang menyesal di akhir Ramadan. Siapakah golongan orang yang menyesal tersebut?

Melansir Muslimah Daily, inilah orang-orang yang menyesal di akhir Ramadan.

1. Orang yang hanya berpuasa lapar dan haus saja

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau menceritakan,

“Rasulullah ﷺ naik mimbar lalu beliau mengucapkan, ‘Amin … amin … amin.’ Para sahabat bertanya, ‘Kenapa engkau berkata demikian, wahai Rasulullah?’ Kemudian, beliau bersabda, ‘Baru saja Jibril berkata kepadaku, ‘Allah melaknat seorang hamba yang melewati Ramadan tanpa mendapatkan ampunan,’ maka kukatakan, ‘Amin.’

Kemudian, Jibril berkata lagi,‘Allah melaknat seorang hamba yang mengetahui kedua orang tuanya masih hidup, namun itu tidak membuatnya masuk Jannah (karena tidak berbakti kepada mereka berdua),’ maka aku berkata, ‘Amin.’

Kemudian, Jibril berkata lagi, ‘Allah melaknat seorang hamba yang tidak bersalawat ketika disebut namamu,’ maka kukatakan,‘Amin.’”

Dalam hadits lain juga diriwayatkan, “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga,” (HR. Ath Thobroniy).

Dari hadits tersebut kita tahu bahwa salah satu orang yang merugi adalah mereka yang melaksanakan ibadah puasa tapi Allah tidak mengampuni dosa-dosa mereka. Karena itu, kesempatan baik di Bulan Ramadhan ini harusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya.

2. Orang yang tidak ikut Tarawih sampai selesai

Sungguh amat disayangkan jika kita tidak mengikuti shalat Tarawih di Bulan Ramadhan. Bahkan orang-orang yang mengikuti shalat Tarawih hingga imam selesai akan dibalas pahala bagaikan shalat semalam suntuk, sebagaimana hadits berikut

“Orang yang shalat Tarawih mengikuti imam sampai selesai, ditulis baginya pahala shalat semalam suntuk,” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

3.Orang tidak beribadah maksimal

Orang lain yang merugi di Bulan Ramdhan ini adalah mereka yang tidak melakukan ibadah secara maksimal. Karena sebenarnya, banyak pahala yang melimpah di bulan ini.

Dalam hadits diriwayatkan,
“Barang siapa yang melakukan kebaikan (ibadah sunah) di bulan Ramadhan pahalanya seperti melakukan ibadah wajib dibanding bulan yang lainnya. Dan barang siapa melakukan kewajiban di dalamnya, maka pahalanya seperti melakukan 70 kewajiban dibanding bulan lainnya,” (HR. Ibnu Huzaimah).  []

 

Kamu Sedang Offline