Hari sumpah pemuda
Google Doodle Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Google Turut Peringati Hari Sumpah Pemuda

Hari sumpah pemuda
Google Doodle Peringatan Hari Sumpah Pemuda

INSPIRADATA. Hari ini, 28 Oktober 2016, Google memasang doodle bertemakan Sumpah Pemuda.

Hal itu berbarengan dengan perayaan Hari Sumpah Pemuda di Indonesia yang jatuh pada tanggal yang sama.

Dalam doodle tersebut digambarkan enam orang pria dan wanita dengan beragam pakaian adat sambil membawa bendera merah putih. Mulai dari pakaian adat Bali, Jawa, hingga Sunda ditampilkan. Tulisan Google berwarna putih, terpampang sebagai latar para pemuda itu.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda didasari pada keputusan Kongres Pemuda Kedua, yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Kota Batavia (Jakarta).

Keputusan ini kemudian menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Istilah Sumpah Pemuda tidak dibicarakan dalam kongres itu, namun disematkan setelahnya.

Google Indonesia rutin mengubah logo mereka sesuai dengan hari-hari besar. Saat perayaan hari kemerdekaan, mereka sketsa doodle tentang pengibar bendera Merah-Putih. Sedangkan saat perayaan hari Kartini, mereka memasang sketsa wajah Kartini sebagai doodle mereka. []


Artikel Terkait :

About Eki Baehaki

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *