Gunakan Metode Ini Agar Anak Cinta Al-Quran!

 

anak-baca-quranINSPIRADATA. Al-Quran merupakan sumber hukum Islam yang paling utama. Oleh karena itu, umat Islam diharuskan mentaati segala peraturan serta menjauhi segala larangan yang termaktub di dalamnya.

Agar itu semua dapat terlaksana dengan baik, maka diperlukan pemahaman terhadap kandungan isi al-qur’an. Salah satu caranya adalah dengan membacanya.

Pemahaman tentang al-qur’an perlu diajarkan sejak dini, begitupun dengan cara membacanya. Anak-anak perlu dibimbing agar dapat membaca Al-Quran dengan baik. Namun, sebelum beranjak pada hal-hal yang sifatnya praktis, anak harus terlebih dahulu mengenal dan mencintai Al-qur’an itu sendiri.

Disarikan dari berbagai sumber, langkah awal yang dapat dilakukan untuk menanamkan kecintaan anak terhadap Al-Quran adalah:

Pertama, orang tua seyogyanya mampu mengajarkan tentang keutamaan membaca Al-Qur’an sehingga anak akan tertarik dan memiliki minat untuk mulai belajar membacanya.

Kedua, budayakan lah membaca Al-Quran secara rutin di rumah. Anak akan lebih mudah belajar jika melihat langsung dan mempraktikkannya. Orang tua dapat menjadi role model yang diharapkan mampu mengarahkan anak agar telibat langsung dalam praktek hingga terbiasa membaca a-qur’an secara rutin.

Ketiga, secara teknis, orang tua dapat mempelajari berbagai metode dalam mengajari anak membaca Al-Quran melalui pengalaman keluarga yang berhasil mendidik anaknya menjadi penghafal Al-Quran, dan lain sebagainya.

Berikut ini metode yang dapat ditempuh dalam mendidik anak agar cinta terhadap Al-Quran dan mau membacanya :

1. Bercerita kepada anak tentang kisah-kisah yang ada di dalam Al-Quran.
2. Sabar dalam mengajari anak
3. Memberikan penghargaan kepada anak agar lebih termotivasi dalam belajar
4. Membuat slogan-slogan atau motto yang menarik tentang membaca Al-Quran
5. Menggunakan sarana atau media yang inovatif
6. Memilih waktu yang tepat bagi anak untuk belajar.[]


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *