Gunung Kau Daki, Masjid Kau Tinggalkan

Gunung Kau Daki, Masjid Kau Tinggalkan

naik-gunungINSPIRADATA. Gunung kau daki, Masjid kau tinggalkan. Susah payah kau daki gunung yang sulit. Padahal Masjid lebih mudah kau datangi.

Gunung kau daki, Masjid kau tinggalkan. Padahal jarak mendaki gunung lebih jauh daripada Masjid di tempat tinggalmu.

Gunung kau daki, Masjid kau tinggalkan. Kau kumpulkan segenap tenaga dan fisik yang prima untuk mendaki gunung, tapi kau tak pernah mempersiapkan pergi ke Masjid yang tidak terlalu menyedot fisik dan tenagamu.

Gunung kau daki, Masjid kau tinggalkan. Kau persiapkan segenap semangat agar bisa sampai di puncak gunung. Tapi kau tak pernah mengumpulkan semangat untuk sampai di dalam Masjid.

Gunung kau daki, Masjid kau tinggalkan. Kau berambisi akan menjadi orang pertama yang sampai di atas puncak gunung. Namun, kau tak pernah berambisi untuk menjadi orang yang pertamakali sampai di dalam Masjid.

Gunung kau daki, Masjid kau tinggalkan. Kau menginginkan menjadi orang terdepan yang berada di barisan pendaki gunung. Tapi, kau tak pernah menginginkan untuk menjadi orang terdepan dalam barisan shaf sholat berjamaah di Masjid.

Bukan artinya coretan ini melarang mu untuk mendaki gunung. Hanya saja, ada sesuatu yang lebih utama tapi seringkali kau tinggalkan tanpa perhatian, yaitu Sholat berjamaah di Masjid.

Allah SWT berfirman,

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku’.” (QS. Al-Baqarah: 43).

Adapun perintah Nabi -alaihishshalatu wassalam-, maka disebutkan dalam hadits Malik bin Al-Huwairits dimana beliau bersabda, “Apabila telah datang waktu shalat hendaklah salah seorang di antara kalian adzan dan hendaklah orang yang paling tua di antara kalian mengimami kalian.” (HR. Al-Bukhari no. 628 dan Muslim no. 674)

Mendaki gunung adalah kegiatan positif, tapi jangan lupakan sholat berjamaah di Masjid.[ta]


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *