Letupan Abu Vulkanik Gunung Marapi

Gunung Marapi Sumatera Barat Keluarkan Abu Vulkanik Setinggi 700 Meter

INSPIRADATA. Gunung berapi Marapi di Sumatera Barat pada Minggu (4/6/2017) telah menampakkan aktivitasnya. Gunung yang terletak di dua wilayah yaitu Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar ini tercatat oleh Pos Pengamat Gunung Api (PGA) Marapi meletus dua kali menjelang siang hari tadi.

Material abu vulkanik yang dikeluarkan bertiup ke arah timur. Letusan asap mencapai ketinggian 300 meter dan letusan awal terjadi pada 10.01.36 WIB.

“Letusan pertama mengeluarkan asap warna abu-abu tebal, tekanan lemah, dengan amplitudo enam milimeter dan lama gempa 35 detik,” kata Petugas Pos PGA Marapi, Hartanto, seperti dikutip dari Antara.

Letusan kedua terjadi pada 10.22.41 WIB. Pada letusan yang kedua ini, ketinggian asap mencapai 700 meter. Gempa bumi pun tercatat berdurasi 22 detik dengan amplitudo empat milimeter bertekanan lemah.

“Letusan yang kedua tampak lebih besar karena pengaruh hembusan angin dan bertiup ke arah timur atau arah Kabupaten Tanah Datar,” katanya.

Aktivitas merapi pun kembali tampak pada 10.50.32 WIB. Hembusan asap berwarna putih melambung dengan ketinggian 100 meter. Untuk aktivitas yang ketiga tidak ada tanda-tanda gempa bumi.

“Pukul 11.26 WIB aktivitas mulai kembali normal namun kami masih waspada memantau sesuai dengan status dari Gunung Marapi yaitu waspada,” tambahnya.

Maka dari itu, pihak PGA, melarang warga untuk mendaki Gunung Marapi pada radius tiga kilometer dari kawah. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Ekstrem, 18 Orang Ngumpet dalam Truk Molen Demi bisa Mudik

Mereka memanfaatkan truk molen yang biasa dipakai untuk mengaduk semen, agar bisa lolos dari blokade polisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *