Unik, Informatif , Inspiratif

Hadapi Pensiun, Jalani Saja 5 Usaha Ini

0 4.983

Banyak yang merasa salah bahwa dirinya mengalami pensiunan tanpa persiapan. Jadi setelah pensiun, berhenti kerja, dan menghabiskan sisa dana pensiun. Jika kamu orang kaya, dengan dana pensiun yang besar, keliling dunia seringkali menjadi pilihan. Tapi itu hanya sebagian kecil, dari populasi pensiunan yang melakukannya. Karena sebagian besar lagi terjebak dalam sakit akibat menua.

Ya, tentu saja, dana kesehatan menjadi perhatian khusus, mengingat kesehatan usia ini rentan penyakit. Ingatlah, mesin dari organ tubuh pensiunan ini telah bekerja puluhan tahun. Ditempa lelah dan stress selama usia produkstif mereka.

BACA JUGA: Resmi Pensiun, Jack Ma Kirim Surat Curhat untuk Konsumen, Isinya Bikin Haru

Jadi bagaimana kita menyiapkan masa pensiun, agar kita tetap sehat, bahagia dan sejahtera. Mungkin kita bisa menyiapkan bisnis sebelum pensiun benar-benar datang. Bukankah ada masa dimana kantor memberi waktu transisi pada kita. Di kantor kita menyiapkan generasi berikutnya untuk memegang tanggung jawab kerja. Di rumah, kita menyiapkan membangun bisnis kita yang baru.

Kira-kira bisnis apa saja yang ‘bersahabat’ dengan kemampuan dana, waktu, dan energi yang dimiliki pensiunan. Ingat ya pensiunan itu dalam grafik kinerja serba menurun. Baiklah kita lihat kemungkinan bisnis pensiunan:

Penulis
Sayangnya tidak semua orang suka dan bisa menulis. Bagi yang biasa menulis, ini adalah profesi yang tidak mengenal umur.

Kulakan atau berjualan
Seorang pensiunan dengan darah saudagar, pasti menangkap gairah hidup pada aktivitas ini. Belanja bahan dagangan, dan menghadapi pelanggan. Aktivitas bertemu orang seperti ini akan menyenangkan.

Konsultan
Untuk para pensiunan kelas konseptor, profesional, menjadi konsultan sangan memungkinkan dan menyenangkan. Dia akan merasa dirinya tetap berguna di bidang yang selama ini digelutinya.

BACA JUGA: Gaji PNS dan Pensiunan Bakal Naik 5%, Menkeu: Wajar

Buka kuliner
Yang perlu diingat saat buka kuliner, harus diingat bahwa bisnis kuliner memerlukan banyak energi. Minimal pensiunan berlaku sebagai bos, agar secara fisik dia yang sudah tua tak kelelahan lagi.

Buka kontrakan atau kost
Biasanya pada usia pensiunan, anak-anak sudah mapan dan mandiri. Untuk mengisi kesepian, pensiunan bisa buka kontrakan. Jadi selain dapat income, pensiunan akan mendapat ‘keluarga’ baru. Syukur-syukur jika hubungannya menjadi seperti keluarga.

Nah, untuk saat ini, masih kita menabung untuk menyiapkannya. []

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline