Hadirkan Komikus, Hari Santri Akan Catat Rekor MURI

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Ahmad Zayadi menyebut, sebanyak 31 komikus akan membuat suatu karya di atas kanvas sepanjang 300 meter pada peringatan Hari Santri.

Ini akan tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori pembuatan Komik Terpanjang di Indonesia.

“Pencapaian ini akan dicatat pada MURI. Rekor sebelumnya adalah komik sepanjang 207 meter di Universitas Surabaya pada 2011,” ungkap Ahmad di Jakarta, Jumat (19/10/2017).

31 Komikus itu berasal dari Jawa Tengah selaku tuan rumah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Malaysia.

Komikus-komikus tesebut akan membuat komik yang menceritakan tentang peran santri dalam sejarah Indonesia.

Cerita itu akan dimulai dari masuknya Islam ke Indonesia, era penjajahan, perang Jawa, perlawanan santri, berdirinya ormas Islam, hingga resolusi jihad 22 Oktober 1945 dan perang 10 November 1945.

“Kerja mereka akan dikoordinatori oleh Direktur Rumah Kartun Indonesia Abdullah Ibnu Thalhah,” kata Zayadi.

Dalam kesempatan itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga akan ikut ambil bagian dalam pembuatan komik ini. Lukman akan menyumbang kaligrafi lafaz Allah.

Malam puncak peringatan Hari Santri akan diselenggarakan di Simpang Lima, Semarang. Acara tema peringatan hari santri tahun ini adalah “ Wajah Pesantren, Wajah Indonesia”.

Pembacaan bertajuk ‘Malam Shalawat Kebangsaan Hari Santri 2017’ akan memeriahkan acara malam puncak Hari Santri itu. Sejumlah kyai, ulama, dan pimpinan pondok pesantren se-Indonesia pun akan turut hadir.

“Habib Lutfi bin Yahya, Habib Umar Muthahhar, Habib Ali Zainal Abidin Assegaf, serta para kyai dan pondok pesantren juga akan hadir pada Malam Shalawat Kebangsaan Hari Santri,” ujar dia. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *