Hah, Jarang Sikat Gigi Bikin Disfungsi Ereksi?

INPIRADATA. sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine baru-baru ini menemukan satu lagi alasan mengapa semua orang terutama pria perlu menyikat giginya secara teratur.

Dikutip dari sehatki.com, penelitian tersebut menyebutkan jarang sikat gigi menyebabkan pria tiga kali lebih mungkin mengalami masalah disfungsi ereksi. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Para peneliti dari Universitas Inonu Turki baru-baru ini meneliti gusi dari 160 pria berusia antara 30 dan 40 tahun dimana setengah dari mereka diketahui mengalami disfungsi ereksi dan setengahnya lagi tidak.

Dari penelitian tersebut, diketahui terdapat 53% pria dengan disfungsi ereksi juga mengalami masalah gusi yang meradang. Hanya ada 23% pria yang mengalami masalah pada gusi tapi tidak mengeluhkan adanya gangguan ereksi.

Penelitian kemudian menambahkan beberapa parameter tambahan seperti faktor usia, berat badan, keuangan dan tingkat pendidikan. Dan ditemukan pria yang mengalami penyakit periodental (gangguan di sekitar gigi) berpotensi tiga kali lebih besar mengalami disfungsi ereksi dibandingkan dengan pria yang memiliki gusi yang sehat.

Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Apa hubungan antara kesehatan gigi dengan disfungsi ereksi?

Banyak penelitian terdahulu telah membuktikan bahwa penyakit periodontitis yang telah kronis dapat menyebabkan penyakit pembuluh darah seperti seperti penyakit jantung koroner, yang diketahui memiliki hubungan langsung dengan masalah ereksi,” ujar penanggung jawab studi Dr Fatih Oguz.

Penjelasan yang sedikit berbeda diungkapkan oleh peneliti senior dari China Luzhou Medical College. Menurut mereka periodontitis akan menghambat kemampuan tubuh untuk membentuk enzim eNOS yang merupakan enzim yang terlibat langsung dalam proses ereksi penis. Tidak ada enzim eNOS, berarti tidak ada ereksi.

Meski demikian pendapat tersebut tidak menjelaskan secara detail apakah faktor periodontitis ini merupakan faktor penyebab disfungsi ereksi atau hanya gejala saja?

Menurut Dr Dr Leonard Gomella, profesor dan ketua Departemen Urologi di Universitas Thomas Jefferson diperlukan penelitian yang lebih lengkap mengenai peradangan pada tubuh manusia sebelum sebuah kesimpulan dibuat.

Karena penyakit periodontal dianggap sebagai gangguan inflamasi, maka mungkin penyakit ini juga memainkan peran dalam timbulnya disfungsi ereksi,” katanya. []

 


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

alasan suami selingkuh

Perhatikan, 5 Hal Sepele Ini Bisa Jadi Tanda Pasangan Anda tengah Berselingkuh

Meski demikian, ada juga orang yang tetap biasa saja dengan HP. Kemana-mana dia tidak perlu terlalu sering memegang handphone. Membuka handphone kalau ada notifikasi saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *