, Hal Yang Disunnahkan pada Hari Jum’at
Unik, Informatif , Inspiratif

Hal Yang Disunnahkan pada Hari Jum’at

0

Hari juma’at merupakan hari yang istimewa bagi seluruh umat islam. Pada hari ini kita dianjurkan untuk mengerjakan amalan sunnah demi meraih keridhaan Allah SWT.

Dari Ibnu Abbas radhiyallohu anhuma berkata Rasulullah shallallohu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya hari ini (Jumat) Allah menjadikannya sebagai hari Ied bagi kaum muslimin, maka barangsiapa yang menghadiri shalat Jumat hendaknya mandi, jika ia memiliki wangi-wangian maka hendaknya dia memakainya dan bersiwaklah” (HR. Ibnu Majah dan haditsnya dinyatakan hasan oleh Al Albani)

“Hari terbaik di mana matahari terbit di hari itu adalah hari Jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at” (HR. Muslim)

Nah apa amalan sunnah di hari jumat? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca Surat Al-Kahfi pada hari jumat merupakan amalan yang luar biasa manfaatnya. Adapun waktu yang baik untuk membaca Surat Al-Kahfi pada hari jumat bisa dimulai dari malam di hari kamis, tepatnya setelah memasuki waktu shalat maghrib.

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471).

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470).

Bukan sekedar membacanya saja, lebih utama jika kita mampu memahami dan menghafalkan ayat Surat Al-Kahfi dengan niat karena Allah.

2. Banyak Berdoa

Saat tiba hari jumat, disunnahkan untuk banyak berdoa. Tentunya doa doa yang baik. Ada keistimewaan mengulang doa dalam Islam di hari jumat.

sebagaimana yang tertuang dalam riwayat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Yang dimaksud dengan sedikit waktu dalam pada hadits di atas yaitu detik terakhir pada hari Jum’at atau saat mejelang maghrib, ketika matahari akan terbenam di hari Jum’at.

3. Banyak Bershalawat

Banyak bershalawat juga termasuk hal yang disunnahkan di hari jumat. Ibadah yang satu ini sangat fleksibel, bisa dilakukan dimana dan kapan saja. Boleh di pagi, siang, sore atau malam hari. Kita dianjurkan untuk memperbanyak shalawat kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Karena ada keutamaan shalawat di hari jumat sebagaimana yang dijelaskan dalam dalil berikut ini.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”. Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?” Nabi bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i).

Itulah beberapa hal yang disunnahkan untuk dikerjakan pada hari jumat. Semoga mampu mendorong semangat kita untuk mengerjakannya sebagai cara agar tetap istiqomah dalam Islam.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.